Pelatihan Bahasa Inggris Dasar Bagi Anak Usia Dini Di Pesisir Pantai Ampenan - NTB

Penulis

  • Etika Ariyani Muhammadiyah University of Mataram

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v1i3.53

Abstrak

Pelatihan Bahasa Inggris dasar bagi anak usia dini di pesisir pantai Ampenan, kota Mataram, Nusa Tenggara Barat ini bertujuan untuk mengenalkan Bahasa inggris dasar  bagi anak sejak usia dini. Pelatihan ini dilaksanakan selama 7 minggu, dimana setiap pertemuan dilaksanakan selama 60 menit (1 jam). Materi pelatihan ini difokuskan pada pengenalan fungsi – fungsi dan kosakata bahasa seperti menyapa, meminta maaf, menjelaskan seseorang dan sesuatu, menunjukkan arah, meminta izin dan meminta sesuatu. Metode yang digunakan adalah orientasi, pengulangan, umpan balik dan rutinitas perlakuan. Peserta terdiri atas 15 anak usia dini yang ada di pesisir pantai Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Bahasa Inggris diajarkan dengan suasana yang gembira melalui lagu, cerita serta permainan. Hasil dari kegiatan ini terlihat adanya peningkatan keterampilan berkomunikasi secara aktif dengan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari - hari serta terlihat adanya peningkatan yang cukup  signifikan pada motivasi yang dimiliki oleh peserta pelatihan atau anak – anak usia dini di sekitar Kawasan pesisir pantai Ampenan – Nusa Tenggara Barat.

Kata Kunci:

training, basic english, early childhood

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Rishantie, S. A., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AWAL MELAUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA PUZZLE KATA PADA KELOMPOK B PAUD ISTIQOMAH SELUPU REJANG. Jurnal Ilmiah Potensia; Vol 3, No 1 (2018): JANUARIDO - 10.33369/Jip.3.1.7-10 . https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/2722

Unduhan

Diterbitkan

28-12-2021

Cara Mengutip

Ariyani, E. (2021) “Pelatihan Bahasa Inggris Dasar Bagi Anak Usia Dini Di Pesisir Pantai Ampenan - NTB”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 1(3), hlm. 240–248. doi: 10.55266/pkmradisi.v1i3.53.

Terbitan

Bagian

Artikel