Sosialisasi Pentingnya Literasi Dalam Rangka Meningkatkan Minat Baca Siswa Di SMP Negeri 1 Sitahuis
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v5i2.572Kata Kunci:
minat baca, ceramah, literasiAbstrak
Salah satu akibat dari penggunaan gadget adalah kurangnya minat baca sehingga hal tersebut yang menjadi tantangan negara Indonesia dalam dunia pendidikan. Pada kegiatan sosialisasi di SMP Negeri 1 sitahuis, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi kepada siswa karena merupakan salah metode yang paling efektif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. hasil yang didapatkan adalah literasi siswa di SMP Negeri 1 Sitahuis masih rendah, minat siswa terhadap membaca masih kurang dari 4 tim hanya dua tim yang dapat menyampaikan informasi atau bercerita kemabali sesuai dengan cerita yang sudah di bagikan kepada siswa.
Unduhan
Referensi
Janiasih, P., Wardana, K. E. L., & Suarmini, K. A. (2022). Dampak Pemberian Gadget Pada Anak Balita Di Desa Patemon Kecamatan Seririt. Jurnal Kesehatan Medika Udayana, 8(02), 136–148. https://doi.org/10.47859/jmu.v8i02.216
Kalida, M., & Mursyid, M. (2014). Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Aswaja Presindo.
Mullis, I., S., V., Martin, & M. O., Foy, P., & Drucker, K. T. (2012). PIRLS 2011 International Result in Reading.
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Niken, palupi A., Dian, W., & Dkk. (2020). Peningkatan Litersi di Sekolah Dasar. CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh gadget terhadap perkembangan anak. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1).
Susilawati, & Muhammad Sulhan. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Tingkat Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(2), 261–273. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, 1(1), 111.
Yudistira, T., Maula, K. H., Khusna, B. S., & Sabil, D. M. ibnu. (2025). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 4(3), 87–97. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v4i3.1842
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rini Kesuma Siregar, Lisa Fitri Meidipa, Edi Epron Sihombing, Nursiah Hasibuan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.