Workshop Implementasi Pembelajaran Berdifferensiasi Di SMP IT Nurul Ilmi Padangsidimpuan

Penulis

  • Nursaima Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Ernirawati Sibuea Universitas Graha Nusantara
  • Sri Utami Kholila Mora Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Ermina Seriwaty Nainggolan STKIP Padang Lawas
  • Rini Kesuma Siregar Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v3i3.364

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diadakan di SMP IT Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Tujuan PKM ini adalah memberikan solusi kepada mitra, yaitu guru SMP IT Nurul Ilmi Kota Padangsidimpuan, untuk mengimplementasikan pembelajaran berdifferensiasi karena dapat memberikan dampak positif bagi siswa. Dampak positif ini sangat berguna untuk merangsang pemikiran kritis siswa dan memberikan dukungan kepada guru agar dapat memenuhi kebutuhan serta meningkatkan minat dan bakat siswa. Metode pelaksanaan PKM melibatkan: (1) penyampaian materi tentang pembelajaran berdifferensiasi, (2) praktik pembelajaran atau simulasi oleh guru sesuai dengan bidang studi masing-masing dengan menerapkan pembelajaran berdifferensiasi. Hasil PKM mencakup (1) penyelenggaraan workshop implementasi pembelajaran berdifferensiasi untuk menyesuaikan kebutuhan belajar siswa, gaya belajar, tingkat pemahaman, dan minat yang berbeda. Kegiatan ini dilakukan di Aula SMP IT Nurul Ilmi Kota Padangsidimpuan dengan partisipasi 95 orang guru. Lembar respons peserta menunjukkan hasil yang sangat baik; dan (2) workshop implementasi pembelajaran berdifferensiasi berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam memetakan gaya belajar siswa dan menyesuaikannya dengan minat dan kebutuhan siswa SMP IT Nurul Ilmi Kota Padangsidimpuan. Langkah-langkah seperti ini perlu terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengaplikasikan metode pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Kata Kunci:

diferensiasi, guru, merdeka, kurikulum

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Tomlinson, C. A. (2014). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners.

Tomlinson, C. A., & Imbeau, M. B. (2010). Leading and Managing a Differentiated Classroom.

Sousa, D. A., & Tomlinson, C. A. (2011). Differentiation and the Brain: How Neuroscience Supports the Learner-Friendly Classroom.

Gregory, G. H., & Chapman, C. (2013). Differentiated Instructional Strategies: One Size Doesn't Fit All.

Heacox, D. (2012). Making Differentiation a Habit: How to Ensure Success in Academically Diverse Classrooms.

Moon, T. R., Brighton, C. M., & Callahan, C. M. (2018). Assessment and Student Success in a Differentiated Classroom.

Winebrenner, S., & Brulles, D. (2012). Teaching Gifted Kids in Today's Classroom: Strategies and Techniques Every Teacher Can Use.

Silver, H. F., Strong, R. W., & Perini, M. J. (2000). So Each May Learn: Integrating Learning Styles and Multiple Intelligences.

Unduhan

Diterbitkan

29-01-2024

Cara Mengutip

Harahap, N., Sibuea, E., Siregar , S. U. K. M., Nainggolan, E. S. dan Siregar, R. K. (2024) “Workshop Implementasi Pembelajaran Berdifferensiasi Di SMP IT Nurul Ilmi Padangsidimpuan”, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Radisi, 3(3), hlm. 118–124. doi: 10.55266/pkmradisi.v3i3.364.

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama