Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling Di Desa Kalimanggis Wetan

Penulis

  • Vina Agustiana Universitas Kuningan
  • Wulan Rahmatunisa Universitas Kuningan
  • Endang Darsih Universitas Kuningan
  • Nida Amalia Asikin Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i6.212

Kata Kunci:

literasi

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menguatkan literasi Bahasa Inggris siswa SD melalui storytelling di Desa Kalimanggis Wetan, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan.  Pelaksanaan kegiatan PKM ini berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan respon baik dari peserta, serta antusiasme yang tinggi selama kegiatan berlangsung. Terlebih lagi, kesan dan pesan yang mereka berikan kepada tim PKM dimana mereka menginginkan kegiatan ini terus berlangsung. Selain itu, sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh Kepala Desa bahwa agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin, sehingga dapat dikatakan, tujuan utama dari kegiatan ini yakni untuk penguatan literasi Bahasa Inggris siswa SD melalui storytelling tercapai. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan kegiatan ini untuk menjadi agenda mingguan di setiap Taman Baca agar literasi siswa SD dapat meningkat. Kegiatan ini tidak hanya bisa dilakukan oleh dosen saja, tetapi dapat dilakukan oleh pihak manapun. Seperti mahasiswa, anggota karang taruna, penggiat kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners (Cambridge Language Teaching Library). Cambridge: Cambridge University Press. doi:10.1017/CBO9780511733109

Dwiyantoro, 2019. Peran Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara dalam menumbuhkan minat baca pada masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. 7(1) p.19-32

Morgan, J. dan Rinvolucri, M. (1983). Once Upon A Time: Stories In The Language Classroom, Cambridge: Cambridge University Press, 1983

Munir, S. 2019. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Dalam Meningkatkan Minat Dan Budaya Baca Di Kabupaten Ciamis. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya. 3(1)

Putra, D. W., Nugroho, A. P. and Puspitarini, E. W. (2016) ‘Game Edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini’, JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), 1(1).

Rohmaniyah & Marwiyah. (2020). Peranan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta. Media Pustakawan. 27(1)

Rosmedi & Risyanti, R. (2006). Pemberdayaan Masyarakat, Sumedang: Alqaprit Jatinegoro

Suparman. (2021). Pemanfaatan Taman Baca Masyarakat dan Pendidikan Al-Qur'an sebagai Media dalam Meningkatkan Karakter IMTAQ dan Kreativitas Anak didilk di Dusun Osso Desa Pubdi Lemo. Maspul Journal of Community Empowerment. 3(1)

https://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data

https://kumparan.com/kabar-harian/storytelling-adalah-menceritakan-sebuah-kisah-ini-kegunaan-dan-tahapannya-1wtkE2kyzev

Unduhan

Diterbitkan

11/28/2022

Cara Mengutip

Agustiana, V., Wulan Rahmatunisa, Endang Darsih, & Nida Amalia Asikin. (2022). Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling Di Desa Kalimanggis Wetan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 159–164. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i6.212

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.