Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar di Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi melalui Fun English Ramadhan

Penulis

  • Guido Tamba Raja Turnip Universitas Kuningan
  • Fahra Mahdiyah Universitas Kuningan
  • Farida Zulaikha Universitas Kuningan
  • Fitra Widya Rahma Universitas Kuningan
  • Vina Agustiana Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i3.508

Kata Kunci:

Fun English Ramadhan, Pembelajaran Interaktif dan Kreatif, Bahasa Inggris, Sekolah Dasar, Keterampilan Berbicara

Abstrak

Penguasaan bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar masih menjadi tantangan di berbagai daerah, termasuk di Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi. Kegiatan “Fun English Ramadhan” dirancang untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Program ini melibatkan berbagai metode pembelajaran seperti metode Storytelling and Singing, Reading Theater, dan Speech and Song Combination. Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi, pelatihan, integrasi teknologi, pendampingan, evaluasi, dan perencanaan keberlanjutan. Hasil program menunjukkan bahwa pendekatan ini berhasil meningkatkan kepercayaan diri, ekspresi verbal, dan minat siswa dalam belajar Bahasa Inggris secara alami dan menyenangkan. Dengan menciptakan suasana belajar yang aktif dan kreatif, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model praktik baik dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustiana, V., Rahmatunisa, W., Darsih, E., & Asikin, N. A. (2022). Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling Di Desa Kalimanggis Wetan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 159-164.

Bukit, S., Marcela, E. D., Ernawati. (2023). Teacher's Strategy to Create Fun Learning in Elementary School. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 2(3), 244-249.

Candrawati, N. K. M. (2022). Persepsi Guru Terhadap Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(1), 17-21.

Hidayati, N. N. (2020). Language and Brain: Maximizing Children’s Brain in Learning Foreign Language Through Storytelling, Songs, and Flashcards. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(1), 57-72.

Hutabarat, R. G. N. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Perspektif Fun and Active Learning Approach: Sebuah Refleksi Teoretis. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(11), 136-143.

Mailani, E. (2015). Penerapan pembelajaran matematika yang menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8-11.

Unduhan

Diterbitkan

05/25/2025

Cara Mengutip

Turnip, G. T. R., Mahdiyah, F., Zulaikha, F., Rahma, F. W., & Agustiana, V. (2025). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar di Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi melalui Fun English Ramadhan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 111–118. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i3.508

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.