Pembentukan Bank Sampah dan Pembinaan TBM Hipapelnis untuk Pengembangan Kampung Literasi di Desa Kalimanggiskulon

Penulis

  • Endang Darsih Universitas Kuningan
  • Agie Hanggara Universitas Kuningan
  • Nida Amalia Asikin Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i5.331

Abstrak

Urgensi dari kegiatan ini adalah bahwa perlu sekali upaya peningkatan kesadaran warga masyarakat tentang kesehatan dan pengelolaan sampah rumah tangga yang baik serta pentingnya membina Taman Bacaan Masyarakat yang sudah vakum demi untuk memaksimalkan perannya bagi masyarakat sekitar. Desa Kalimanggiskulon memiliki kawasan yang dicanangkan sebagai Kampung Literasi yang berlokasi di RT.04 RW. 01 dusun Manis desa Kalimanggiskulon. Disini terdapat Taman Bacaan Masyarakat Bernama TBM Hipapelnis yang sudah berdiri sejak tahun 2017. Namun sayangnya, TBM ini tidak memaksimalkan perannya sebagai taman baca. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa minim sekali kegiatan literasi di Kampung literasi. Ini sangat ironi karena idealnya sebuah area yang dicanangkan sebagai kampung literasi seharusnya bisa memaksimalkan kegiatan literasi. Selain itu, masih banyak warga di Kampung literasi yang tidak mampu mengelola sampah rumah tangga ini dengan baik, warga masih membuang sampah ke sungai atau ke kebun sehingga menimbulkan permasalahan lain. Oleh karena itu, tujuan dari pemberdayaan ini adalah untuk memberikan pembinaan khususnya kepada pengelola TBM sekaligus pembinaan minat baca anak-anak di kampung literasi serta untuk memberikan edukasi kepada warga tentang pengelolaan sampah yang baik yakni dengan cara membentuk Bank Sampah. Rangkaian kegiatan pembinaan TBM Hipapelnis adalah diantaranya dengan mengadakakan reading tour, lomba mewarnai, lomba baca puisi serta Latihan gamelan dan tari. Sementara itu, pembentukan Bank Sampah dimaksudkan sebagai upaya pembinaan Karang Taruna Hipapelnis agar memiliki manfaat dan dampak positif yang berkelanjutan bagi Karang Taruna khususnya dan warga desa Kalimanggiskulon pada umunya. Dengan pembentukan Bank Sampah dan pembinaan TBM ini diharapkan dapat mengembangkan Kampung Literasi di desa Kalimanggiskulon.

Kata Kunci:

Pembinaan TBM, Bank Sampah, Karang Taruna, Desa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arono, Diani, Yunita, Aulia, Syahriman. 2022. Pengabdian Masyarakat Melalui Taman Bacaan Model Kampung Literasi Di Desa Rindu Hati, Bengkulu Tengah. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 5 (2)

Darsih, E., Hanggara, A., Asikin, N. 2022. Pkm Karang Taruna Nusa Persada Desa Kalimanggiswetan Dalam Mendirikan Taman Baca. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 5 (3).

Dhokhikah,, Y., Trihadiningrum,, Y., Sunaryo, S. 2015. Community participation in household solid waste reduction in Surabaya, Indonesia. Resources, Conservation and Recycling, 102, 153- 162.

Dwiyantoro, 2019. Peran Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara dalam menumbuhkan minat baca pada masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. 7(1) p.19-32

Munir, S. 2019. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Dalam Meningkatkan Minat Dan Budaya Baca Di Kabupaten Ciamis. Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya. 3(1)

Rahmaningsih, Jumiati, Pujiastuti. 2019. Pembentukan Bank Sampah untuk Pemberdayaan Perempuan di Dusun Banjarsari Tegalbang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Jurnal Abdimas TPB. Volume 1 No. 2.

Rohmaniyah. 2020. Peranan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta. Pustakawan. 3(1)

Santy. 2019. Peran Taman Bacaan Masyarakat Lentera Hati Sebagai Sarana Pembelajaran Nonformal Untuk Anak-Anak Nelayan Desa Karangsong Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Jurnal Ilmu Perpustakaan.

Seftiani, Rica, Agustina. 2022. Partisipasi Pemuda Dalam Pengembangan Komunitas Senyum Anak Nusantara Melalui Kegiatan Pengabdianmasyarakat. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 5 (2).

Suparman. 2021. Pemanfaatan Taman Baca Masyarakat dan Pendidikan Al-Qur'an sebagai Media dalam Meningkatkan Karakter IMTAQ dan Kreativitas Anak didik di Dusun Osso Desa Pubdi Lemo. Maspul Journal of Community Empowerment. 3 (1).

Suryani, Anih Sri. 2014. Peran Bank Sampah dalam Evektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang), Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi DPR RI.

Wati, A. 2020. Peran Pengelola Taman Baca Masyarakat Dalam Meningkatkan Minat Membaca Masyarakat Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Al-Suroya Metro. Skripsi. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN METRO)

Unduhan

Diterbitkan

10/07/2023

Cara Mengutip

Darsih, E., Hanggara, A. ., & Asikin, N. A. . (2023). Pembentukan Bank Sampah dan Pembinaan TBM Hipapelnis untuk Pengembangan Kampung Literasi di Desa Kalimanggiskulon. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(5), 186–196. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i5.331

Terbitan

Bagian

Artikel