Pembinaan Kepercayaan Diri dan Keterlibatan Sosial Bagi Siswa SMP Kecamatan Kramatmulya Melalui Metode Speech dalam Public Speaking
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i3.506Kata Kunci:
Public Speaking, Speech, Kepercayaan Diri, Keterlibatan Sosial, English ClubAbstrak
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di salah satu sekolah di Kecamatan Kramatmulya dengan tujuan meningkatkan kepercayaan diri dan keterlibatan sosial siswa melalui pelatihan public speaking menggunakan metode speech. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya rasa percaya diri siswa dalam berbicara di depan umum serta minimnya aktivitas ekstrakurikuler yang mendukung pengembangan keterampilan komunikasi. Untuk mengatasi hal tersebut, tim pelaksana menyusun program pelatihan terstruktur yang mencakup koordinasi dengan pihak sekolah, sosialisasi kepada siswa,
penyusunan materi inspiratif, pelatihan teknik speech, pendampingan individu, serta kegiatan puncak berupa Talent Show “English Performance Day”. Metode speech dipilih karena dinilai efektif dalam melatih keterampilan berbicara, penggunaan gestur, ekspresi, serta penguasaan intonasi yang mendukung komunikasi persuasif. Materi bertema motivasional seperti “Jangan Menyerah” dan “Don’t Be Afraid to Fail” digunakan untuk menginspirasi dan memperkuat karakter siswa. Hasil
pelaksanaan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri, kemampuan komunikasi, dan partisipasi aktif siswa. Evaluasi melalui observasi dan umpan balik mengindikasikan bahwa siswa telah mampu menyampaikan pidato dengan cukup baik meskipun terdapat kekeliruan minor. Kesimpulannya, metode speech dalam konteks public speaking terbukti efektif dalam membina aspek afektif, kognitif, dan psikomotor siswa, serta layak direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran untuk memperkuat keterampilan abad ke-21 dan mendukung pendidikan karakter di tingkat SMP.
Unduhan
Referensi
Agustiana, V., Darsih, E., Rahmatunisa, W., Muawanah, A., Arfan, A. Y., Azka, F. S., Saputra, N., & Rafika. (2024). Fun English Holiday guna meningkatkan minat pembelajaran Bahasa Inggris bagi masyarakat Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan Siliwangi. Abdimas Siliwangi, 7(3), 538–547. https://doi.org/10.22460/as.v7i3.25228
Fitria, I. M. (2023). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler English Club di MTs Darul Hikmah Ngompak Ngrambe. Jurnal STIT MUHAMMADIYAH TEMPURREJO-NGAWI Vol, 2(2), 1–6.
Kasmita, M., Hery, R. N., Rifani, R., Muh. Rizal S, Asmunandar, A., Aswan, M., & Umar, F. (2023). Pelatihan Public Speaking Membangun Kepercayaan Diri Dan Berbicara Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Telkom Makassar. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 44–446. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i2.1721
Mansur, W., Qadrianti, L., Harmilawati, St. Rahmaniah Bahrun, & Melati, R. (2022). Pelatihan Public Speaking di SMP Negeri 11 Sinjai. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 34–37. https://doi.org/10.47435/pendimas.v1i2.956
Sari, D. S., & Susanti, H. (2024). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECEMASAN DALAM BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA MATA KULIAH SPEAKING FOR AKADEMIK PURPOSES. Ikip Pgri Ptk, 44–51.
Suhartini, C., Setiawan, I., Darsih, E., & Hanggara, A. (2024). Pelatihan Literasi Digital : Meningkatkan Kemampuan Remaja Dalam Menghadapi Tantangan Digital di TBM Hipapelnis Desa Kalimanggiskulon. Kalandra Jurnal Pengabdian Masyarakat, 03, 1–8.
Wijay, S. A., Dinitia, A. A., & Selviani, A. (2024). PELATIHAN PUBLIC SPEAKING SISWA SMP IT RABBI RADHIYYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DI DEPAN UMUM. 4(2), 192–201.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Pratama, Agustiana, Andini, Novita

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.