Pelatihan Penulisan Artikel Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMKN 1 Sepulu Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i4.409Kata Kunci:
kompetensi, penelitian tindakan kelas, guruAbstrak
Mengembangkan diri dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK), membuat laporan penelitian, dan memublikasikan artikel ilmiah hasil PTK merupakan salah satu wujud profesionalitas guru. Akan tetapi, dari hasil wawancara diperoleh informasi bahwa para guru SMKN 1 Sepulu Bangkalan sudah ada yang melakukan penelitian tindakan kelas, namun tidak ditindaklanjuti ke penulisan artikel ilmiah dan publikasi. Hal tersebut disebabkan kurangnya pengetahuan dan motivasi untuk menulis dan memublikasikan artikel ilmiah pada jurnal. Berdasarkan hal itu, tujuan program pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini untuk meningkatkan kompetensi guru SMKN 1 Sepulu Bangkalan dalam penulisan artikel hasil PTK. Ada dua metode yang digunakan, yaitu pelatihan dengan memberi wawasan dilanjutkan dengan pendampingan. Kedua metode dilakukan melalui tiga tahap kegiatan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan dilakukan melalui pengamatan, pengidentifikasian masalah, penganalisisan kebutuhan, dan penentuan solusi. Pelaksanaan dilakukan sebanyak empat pertemuan dengan memberi wawasan dan pendampingan. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui keberhasilan program kegiatan. Indikator keberhasilan menggunakan jumlah artikel hasil PTK yang ditulis para guru dan hasil angket. Melalui pelatihan dan pendampingan diketahui bahwa kompetensi guru SMKN 1 Sepulu Bangkalan untuk menulis artikel hasil PTK meningkat. Ada 15 dari 43 guru yang mengikuti pelatihan telah menulis artikel hasil PTK. Selain itu, hasil angket yang diisi para guru memberi informasi bahwa para guru memberi respon positif terbukti dari skor angket yang mempunyai kriteria ‘sangat baik’.
Unduhan
Referensi
Bagaskara, R. (2019). Reorientasi Andragogi pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Rokania, 4(3), 315−333.
Bakar, Abu, Aulia Sanova, Yusnaidar Yusnaidar, and Firdiawan Ekaputra. 2022. “Meningkatkan Keterampilan Guru SMAN 2 Sungai Penuh dalam Mempublikasikan Artikel Ilmiah ke Jurnal Bereputasi [Improving the Skills of Teachers of SMAN 2 Sungai Penuh in Publishing Scientific Articles to Reputable Journals]” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7 (4), 489–96.
Busse, C. & August, E. (2020). How to Write and Publish a Research Paper for a Peer-Reviewed Journal. Journal of Cancer Education. https://doi.org/10.1007/s13187-020-01751-z
Fadiana, M., dkk. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Ilmiah bagi Guru-Guru di Kabupaten Tuban. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2): 80−92.
Jatmiko, W. dkk. (2015). Panduan Penulisan Artikel Ilmiah. Fakultas Ilmu Komputer. Jakarta: Universitas Indonesia
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Publikasi Karya Ilmiah Guru. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Khairiyah, U. (2018). Respon Siswa terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2): 197–204.
Komara, A. (2017). Menulis Artikel dan Karya Ilmiah, (Online), (http://www.lpmpjateng. go.id/web/index.php/arsip/artikel/174- menulis-artikel-dan-karya-ilmiah), Diunduh 12 Juli 2024.
Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Listyaningsih, T. S., Jatiningsih, O., Satmoko, A., & Purba, I. P. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel tentang Pandemi Covid 19 untuk Pendidikan Karakter Siswa pada Guru PPKN SMP di Kota Surabaya. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3): 489-498.
Machali, Imam. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–27. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21.
Maddalena, Lucille, Ed.D. (2015. “What is Andragogy? (Pedagogy For Grownups)”. https://www.Mtmcoach.Com
Munasir, dkk. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar Se-Uptd Pendidikan Kec. Sawahan Kab. Nganjuk, Jawa Timur. Jurnal ABDI, 5(2), 119-125
Nurdin, Syafruddin. (2016). Guru Profesional dan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Educative: Jurnal of Education Studies, 1(1), 1–12.
Prawoto, at. all. (2021). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMP-SMA di Kecamatan Waru, Sidoarjo. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, I (2), 158–64. https://doi.org/10.4324/9780203646243-141.
Pujiastuti, R., Indrayanti, T., dan Anwar, M. S. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Populer Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Kedamean Gresik. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1−7.
Ramdani A. , Jufri, A. W., dan Jamaluddin. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru Ponpes Haramain Narmada Menuju Jurnal Nasional Terakreditasi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 116-124
Salehudin, Mohammad. (2022). Guru Menulis Artikel Ilmiah untuk Meningkatkan Karya dan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 57–68. https://doi.org/10.53621/jippmas.v2i1.80.
Satriani, Yenny. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menulis Artikel Ilmiah melalui Penerapan Metode Focus Group Discussion (FGD) di SMPN 8 Bathin Solapan. Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukati, 7(1): 328–46.
Wiyaka1a, Saputro, B. A., dan Prastikawati, E.F. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal Nasional bagi Guru SMA di Kota Semarang. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(1): 192-200 ISSN 2087-3565 (Print) dan ISSN 2528-5041 (Online)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rahayu Pujiastuti, Agung Pramujiono, Indayani, Eko Cahyo Prawoto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.