Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital Di Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar

Penulis

  • Feri Susilawati Politeknik Aceh
  • Ramadhani Politeknik Aceh
  • Rachmad Ikhsan Politeknik Aceh
  • Safwan Politeknik Aceh
  • Ichsan Politeknik Aceh

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i6.338

Abstrak

Canva merupakan platfom desain grafis yang user-friendly, dimana memungkinkan pengguna tanpa latar belakang desain professional untuk membuat karya desain menarik dan berkualitas. Pelatihan Canva pada guru Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa (MARIB)  bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Guru dalam membuat desain presentasi dan desain video pembelajaran yang interaktif. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada Gedung sekolah MARIB,  dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang. Mekanisme pelaksanaan diawali dengan pemaparan teori sebagai pondasi awal pemahaman materi. Selanjutnya diimplementasikan dengan pendekatan praktis, memberikan peluang bagi peserta untuk langsung mencoba dan berlatih menggunakan platform Canva dalam berbagai konteks pembelajaran. Guru-guru akan diberikan panduan Langkah demi langkah tentang penggunaan fitur-fitur Canva dan strategi desain yang efektif untuk membuat presentasi pembelajaran yang menarik dan relevan bagi siswa. Hasil dari pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di mana guru dapat mengintegrasikan teknologi dan desain grafis ke dalam metode pembelajaran serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan.

Kata Kunci:

Aplikasi Canva, Guru Madrasah Ruhul Islam Anak Bangsa, Media Pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Analicia, T., & Yogica, R. (2021). Media Pembelajaran Visual Menggunakan Canva pada Materi Sistem Gerak. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 260–266.

Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185–192.

Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(2), 308–318.

Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran digital IPA di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative: Journal of Educational Studies, 4(2), 121.

Sari, R. K., Hamzah, I., Wijaya, S. M., & Ikbarfikri, A. M. (2023). Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran di SMA N 5 Metro. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 208–213.

Tambunan, L., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Grafik Fungsi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1029–1038.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79–85.

Unduhan

Diterbitkan

11/14/2023

Cara Mengutip

Susilawati , F., Ramadhani, Ikhsan, R., Safwan, & Ichsan. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital Di Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 261–266. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i6.338

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama