Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Media Belajar Gambar Pada Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Padang Sidempuan

Penulis

  • Eni Sumanti Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Evitamala Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Yuni Rhamayanti Universitas Graha Nusantara
  • Fauziah Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Tinur Rahmawati Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.235

Abstrak

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan baru kepada tenaga pendidik Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Padang Sidempuan tentang penggunaan gambar sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar dari peserta didik. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dimulai dari tahap analisis situasi, persiapan dan pelaksanaan kegiatan, serta pelaksanaan evaluasi. Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang peserta didik berkebutuhan khusus Metode pelaksanaan kegiatan adalah praktek langsung dalam pemberian materi pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Dari hasil pelaksanaan kegiatan dapat disimpulkan bahwa gambar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat peserta didik pada Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Padang Sidempuan hal ini dapat dilihat dari hasil perbandingan sebelum dan sesudah penggunaan gambar dalam pembelajaran yang dilakukan. Sebelum menggunakan gambar peserta didik cenderung tidak aktif, diam dan bermain sendiri serta tidak memperdulikan tenaga pendidik saat memberikan materi di depan kelas. Setelah menggunakan media gambar pada pembelajaran, terlihat peningkatan yang cukup signifikan dari pengetahuan, perhatian, serta kecepatan peserta didik dalam menjawab soal yang diberikan.

Kata Kunci:

Peningkatan Minat Belajar , Media Gambar, SLB Negeri Padang Sidempuan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arief, S. (2009). Media pendidikan, pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar. Jakarta, Bumi Aksara.

Khairani, M. (2013). Psikologi belajar. In Yogyakarta. Aswaja Pressindo.

Lee, Y.-J., Chao, C.-H., & Chen, C.-Y. (2011). The influences of interest in learning and learning hours on learning outcomes of vocational college students in Taiwan: using a teacher’s instructional attitude as the moderator. Global Journal of Engineering Education, 13(3), 140–153.

Magdalena, I., Roshita, R., Pratiwi, S., Pertiwi, A., & Damayanti, A. P. (2021). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 09 Kamal Pagi. Pensa, 3(2), 334–346. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1374

Palamba, N. K. F. S. (2022). Minat Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa Di SLB Negeri 1 Bantul. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

01/31/2023

Cara Mengutip

Nasution, E. S., Siregar, E., Rhamayanti, Y. ., Nasution, F., & Rahmawati, T. . (2023). Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Media Belajar Gambar Pada Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Padang Sidempuan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7–13. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.235

Terbitan

Bagian

Artikel