Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidik di SMKS Nurul Huda Pringsewu
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i4.397Kata Kunci:
artikel ilmiah, pendidik, SMKS Nurul Huda PringsewuAbstrak
Pelatihan penulisan artikel ilmiah adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan Pendidik dalam melakukan penelitian dan mempublikasikan karya ilmiah. Program ini diadakan di SMKS Nurul Huda Pringsewu dengan tujuan utama memperbaiki keterampilan Pendidik dalam menulis artikel ilmiah sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku. Pelatihan ini mencakup beberapa tahapan, seperti penyampaian materi, lokakarya penulisan, dan bimbingan individu. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan menulis artikel ilmiah di antara para peserta. Selain itu, Pendidik-Pendidik yang mengikuti pelatihan ini menjadi lebih termotivasi untuk melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian mereka. Oleh karena itu, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan profesionalisme Pendidik dan peningkatan kualitas pendidikan di SMKS Nurul Huda Pringsewu.
Unduhan
Referensi
Camellia, C., Alfiandra, A., & Sulkipani, S. (2021). Pembinaan dan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 48–53. https://doi.org/10.56393/jpkm.v1i2.1394
Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2602
Herowati, R., Budi, U. S., Keswara, Y. D., Budi, U. S., & Sunarti, S. (2018). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU SMA UNTUK Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 , guru adalah. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 85–90.
Pahar, K. dan E. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Profesional. Jurnal Karya Abdi, 5(1), 71–78.
Pratiwi, S. R., Thresia Nainggolan, Y., & Cahyaningrum, W. (2021). Scientific Article Writing and Writing Training for Teachers. 1(4), 167–178.
Qomar, M. N., Lida, U. M., & Noor, S. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Program Studi Perbankan Syariah di SMK Negeri 1 Kudus. Inspirasi: Jurnal Pengabdian …, 2(1), 40–48. https://journal.inspirasi.or.id/jppm/article/view/126%0Ahttps://journal.inspirasi.or.id/jppm/article/download/126/48
Raihana, R., Hayati, N., Alucyana, A., Yuliana, Y., & Sartika, E. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Bagi Guru PAUD di Kecamatan Tandun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 31–37. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.899
Widiana, I. W., Tristiantari, N. K. D., Rediani, N. N., Yudiana, K. E., & Sari, N. M. D. V. S. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 140–149. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.52117
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Agus Irawan, Sri Ipnuwati, Siti Mukodimah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.