Penguatan Kapasitas Pengurus TBM Rumah Cerdas melalui Pelatihan Pengelolaan Administrasi dan Jiwa Kepemimpinan

Penulis

  • Cucu Suhartini Universitas Kuningan
  • Agie Hanggara Universitas Kuningan
  • Endang Darsih Universitas Kuningan
  • Liya Aliya Universitas Kuningan
  • Irsa Luviantika Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i5.604

Kata Kunci:

TBM, Literasi, Pelatihan, Administrasi, Kepemimpinan

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas pengurus Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Cerdas desa Kalimanggiswetan melalui pelatihan pengelolaan administrasi dan pengembangan jiwa kepemimpinan. TBM sebagai wadah literasi memiliki peran strategis dalam meningkatkan budaya membaca dan keterampilan masyarakat, namun masih menghadapi kendala dalam aspek manajerial, khususnya administrasi kelembagaan dan kepemimpinan pengurus. Metode kegiatan dilakukan melalui pendekatan partisipatif berupa ceramah interaktif, diskusi kelompok, simulasi, serta praktik langsung dalam penyusunan dokumen administrasi dan penerapan keterampilan kepemimpinan. Materi yang diberikan mencakup dasar-dasar administrasi organisasi, pencatatan keuangan sederhana, penyusunan laporan kegiatan, komunikasi efektif, pengambilan keputusan, serta strategi membangun kerja sama tim. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan pengurus TBM dalam menyusun administrasi yang lebih tertib serta kemampuan memimpin secara kolaboratif. Selain itu, pengurus mampu mengidentifikasi peran dan tanggung jawab masing-masing secara lebih jelas, sehingga kinerja organisasi menjadi lebih terarah. Melalui kegiatan ini, diharapkan TBM Rumah Cerdas dapat berkembang menjadi lembaga literasi yang lebih profesional, berdaya guna, dan berkelanjutan dalam memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat sekitar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Yanuarsari & Muchtar. 2022. PELATIHAN PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA MASYARAKAT. Reswara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 3 No.1 Hal. 142-148.

Bakhtiar, B. (2022). Pengembangan keterampilan kepemimpinan. BIDAYAH: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(1), 103-112. https://doi.org/10.47498/bidayah.v13i1.1003.

Wahab, A., & Abdilah, F. (2019). Pelatihan pengelolaan taman bacaan masyarakat Bening Saguling Foundation. Comm-Edu (Community Education Journal), 2, 162. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2685

Sopiatun, M. and Jamjam, S. (2021). Strategi pengembangan taman bacaan masyarakat di beberapa negara berkembang. Jurnal Akrab, 12(2), 22-30. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v12i2.401.

Mawaddah, R., Komariah, N., & Rodiah, S. (2024). Gerakan literasi berbasis inklusi sosial di taman bacaan masyarakat sehati kabupaten bandung. Informatio Journal of Library and Information Science, 4(1), 17. https://doi.org/10.24198/inf.v4i1.44609

Unduhan

Diterbitkan

09/26/2025

Cara Mengutip

Suhartini, C., Hanggara, A., Darsih, E., Aliya, L., & Luviantika, I. (2025). Penguatan Kapasitas Pengurus TBM Rumah Cerdas melalui Pelatihan Pengelolaan Administrasi dan Jiwa Kepemimpinan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(5), 197–206. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i5.604

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.