Pelatihan Pembuatan Sarana Pembelajaran Interactive Quiz Menggunakan Aplikasi “Quizizz” Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMKS Nurul Huda Pringsewu Lampung

Penulis

  • Agus Irawan Institut Bakti Nusantara
  • Bernadhita Herindri Institut Bakti Nusantara
  • Sri Ipnuwati Institut Bakti Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.232

Kata Kunci:

Media Pembelajaran , Aplikasi “Quizizz”, SMKS Nurul Huda Pringsewu Lampung

Abstrak

Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada tenaga pendidik SMKS Nurul Huda Pringsewu Lampung tentang cara penggunaan media pembelajaran interactive quiz dengan aplikasi “Quizizz” dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Aplikasi ini dipilih disebabkan sebagian tenaga pendidik belum pernah menggunakan media ini untuk pembelajaran di sekolah tersebut. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu tahapan analisis situasi, perencanaan dan persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan, peserta pelatihan sangat tertarik dan merasa pelatihan ini sangat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan Evaluasi yang dilakukan sebesar 93,75% tenaga pendidikan SMKS Nurul Huda Pringsewu Lampung telah memahami pengaplikasian aplikasi “Quizizz “pada saat pembelajaran berlangsung. Dari penyebaran kuesioner kepuasan pelaksanaan diperoleh 88% peserta pelatihan sangat puas dengan materi yang diberikan karena menambah pengetahuan serta kompetensi tenaga pendidik dalam melaksanakan pembelajaran berbasis internet.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. In Jakarta: Grasindo (Vol. 2). Grasindo.

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 95–104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/jph.v1i1.927

Nurfadhillah, S., Rachmadani, A., Salsabila, C. S., Yoranda, D. O., Savira, D., & Oktaviani, S. N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android melalui aplikasi quiziz pada pelajaran matematika vi SDN Karang Tengah 06. PENSA, 3(2), 280–296. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1359

Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas Vi Di Sdn Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269–279. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496

Rosiani, D. (2021). Kolaborasi Whatsapp dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 257–264. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.304

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Unduhan

Diterbitkan

01/31/2023

Cara Mengutip

Irawan, A., Samodra Utami, B. H., & Sri Ipnuwati. (2023). Pelatihan Pembuatan Sarana Pembelajaran Interactive Quiz Menggunakan Aplikasi “Quizizz” Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMKS Nurul Huda Pringsewu Lampung. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14–20. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.232

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.