Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Siswa Melalui Pembelajaran Public Speaking Pada SD Negeri 1 Desa Cipakem Kecamatan Maleber
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.223Kata Kunci:
Public Speaking , Keterampilan Kepemimpinan, SD Negeri 1 CipakemAbstrak
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah menumbuhkan jiwa kepemimpinan melalui pembelajaran public speaking pada siswa SD Negeri 1 Desa Cipakem Kecamatan Maleber. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode konvensional dengan 4 materi pembelajaran public speaking yang dipersiapkan tim, peragaan oleh pemateri, serta praktek public speaking langsung oleh siswa. Dari hasil kegiatan diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan berjalan dengan sukse dan sesuai dengan harapan tim pengabdian kepada masyarakat. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran public speaking dapat meningkatkan keberanian siswa siswa, meningkatkan cara berkomunikasi siswa, meningkatkan kemampuan mengendalikan suasana dan mempertajam daya ingat siswa. Apabila proses pembelajaran seperti ini secara terus menerus dilaksanakan maka secara tidak langsung akan memberikan dampak kepada jiwa kepemimpinan yang dimiliki siswa.
Unduhan
Referensi
Angraini, Y. (2016). Rules of Three Analysis in Persuasive Public Speaking Presentation. Anglo-Saxon: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 7(1), 3. https://doi.org/10.33373/anglo.v7i1.542
Ariyana, I. K. S. (2020). Pengembangan Soft Skill Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Belajar Matematika Awal Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(3).
Dunar, H. (2015). My public speaking. Gramedia Pustaka Utama.
Lutfiana, F. (2017). Pendidikan Sikap Kepemimpinan Siswa Di Sd It Luqman Al Hakim Internasional Yogyakarta. Basic Education, 6(10), 942–952.
Nua, F. (2022). 14 Persen Pengangguran di Indonesia Lulusan Diploma dan Sarjana. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/501158/14-persen-pengangguran-di-indonesia-lulusan-diploma-dan-sarjana
Paramarta, I. M. S., & Sudana, P. A. P. (2016). Perbandingan Komunikasi Nonverbal Penutur Asli Dan Penutur Asing Bahasa Inggris Dalam Public Speaking. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(1). https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v5i1.8287
Rahayu, E. S., & Nuryata, I. M. (2011). Pengembangan soft skills di SMK. Jakarta: Sekarmita.
Rohmad, M. A. (2020). Prasangka Buruk Dunia Kerja Terhadap Lulusan Perguruan Tinggi. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 10(02).
Sutikno, S. (2014). Pemimpin dan kepemimpinan. In Lombok: Holistica.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Endang Darsih, Agie Hanggara, Cucu Suhartini
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.