Pemberdayaan Aparatur Desa Pulorejo Melalui Perancangan Open Access Web Sistem Informasi Desa Smart-Village Di Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang

Penulis

  • Zulfikar Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Munawarah Universitas Kh. A. Wahab Hasbullah
  • Muhammad Saiful Amin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • M. Yasyir Arafat Universitas Kh. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i2.120

Abstrak

Permasalahan yang sering dihadapi aparatur pemerintahan desa dalam rangka mewujudkan  smart  village adalah minimnya ketrampilan dalam pengelolaan arsip sehingga pelayanan publik tidak optimal. Upaya yang dilakukan adalah membangun sistem informasi dalam bentuk media komunikasi website dan sistem Informasi desa agar bisa membantu dan meningkatkan kinerja aparat desa. Pelaksanaan pengabdian berupa kegiatan rancang bangun website SID dan berhasil dikembangkan di desa Pulorejo Kecamatan Tembelang kabupaten Jombang dengan alur dan rancangan antar muka yang sederhana. Hasil kegiatan pengabdian ini telah berhasil merancang website SID dan telah dilakukan sosialisasi yang secara umum masyarakat desa sangat antusias serta sangat membantu kinerja aparatur desa. Web ini bisa memberikan informasi pada masyarakat serta membantu aparat desa dalam pelayanan public dan mudah diakses.  Hasil seminasi Web SID menunjukkan bahwa 87% masyarakat puas terhadap keberadaan web desa dan mampu meningkatkan kinerja aparat desa sebesar 88%.

Kata Kunci:

open access, website Sistem Informasi Desa, aparatur desa, smart village

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Apriyansyah, A., Maullidina, I., & Purnomo, E. P. (2018). Efektivitas Sistem Informasi Desa (SID) Dalam Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 10–24.

Behl, A., & Singh, M. (2014). Critical analysis of management information system of selected Indian microfinance institutions. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 133, 20–27.

Github.com. (2018). Peran dan Manfaat Sistem Informasi Desa. https://github.com/OpenSID/OpenSID/wiki/Peran-dan Manfaat Sistem-Informasi-Desa

Huda, H. A., Suwaryo, U., & Sagita, N. I. (2020). Pengembangan desa berbasis smart village (Studi Smart Governance pada Pelayanan Prima Desa Talagasari Kabupaten Karawang). Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(3), 539–556.

Huda, M. (2020). Website sebagai Media Informasi dan Bisnis. JCSE: Journal of Community Service and Empowerment, 1(1), 56–68.

Putro, T. W. (2011). Pembangunan Sistem Informasi Rumah Sakiy untuk mendukung pelayanan pasien di rumah sakit umum Patmasuri Yogyakarta. . Program studi Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Rozi, F., Listiawan, T., & Hasyim, Y. (2017). Pengembangan website dan sistem informasi desa di kabupaten tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 2(2).

Salim, A. (2013). Management Information in Rural Area: A Case Study of Rancasalak Village in Garut, Indonesia. Procedia Technology, 11, 243–249.

Unduhan

Diterbitkan

03/26/2022

Cara Mengutip

Zulfikar, Munawarah, Amin, M. S., & Arafat, M. Y. (2022). Pemberdayaan Aparatur Desa Pulorejo Melalui Perancangan Open Access Web Sistem Informasi Desa Smart-Village Di Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 15–25. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i2.120

Terbitan

Bagian

Artikel