Pelatihan Manajemen Pemasaran Dengan Website Pada Penjahit Kain Rayon Di Kecamatan Blahbatuh Bali

Penulis

  • Luh Putu Safitri Pratiwi Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali
  • I Made Pasek Pradnyana Wijaya Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali
  • Dedy Panji Agustino Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i3.133

Abstrak

Penjualan pakaian berbahan rayon akhir-akhir ini sangatlah berdampak besar bagi pengusaha penjahit pakaian rayon. Salah satunya mitra pengabdian masyarakat kami yang Bernama I. B Rai Sudipta pemilik Bagus Rayon yang berlokasi di Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Bagus rayon sendiri berdiri hampir lebih dari satu tahun, namun hanya memiliki satu pemasok pakaian rayon di Kabupaten Gianyar yang mana Penjualannya bergantung pada pemasok tersebut. Apabila pemasok tersebut mengalami penurunan penjualan maka berdapak pula pada volume jahitan bagus rayon, sehingga kami tim pengabdian ingin memberikan pelatihan manajemen pemasaran agar usaha jasa mitra tidak hanya tergantung pada satu pemasok tersebut dan pemasaran bagus rayon semakin luas. Untuk pemasaran sendiri kami memberikan pelatihan menggunakan media online yaitu Instagram dan website. Rangkaian kegiatan pelatihan yang akan dilaksanakan tim pengabdian adalah: Sosialisasi, Diskusi mengenai konsep desain pemasaran, Pelatihan menggunakan Instagram dan Website, terakhir evaluasi. Dari hasil Evaluasi. mitra dapat melakukan pemasaran melalui website tersebut sehingga dapat memperluas wilayah pemasaran dengan hasil evaluasi menggunakan kuesioner diperoleh nilai index 91,67% kategori sangat baik.

Kata Kunci:

Jasa Jahit, Rayon, Manajemen Pemasaran, Website

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Assauri, S. (2008) Manajemen Produksi dan Operasi edisi revisi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Dharmmesta, B. S. dan Handoko, T. H. (2014) Manajemen pemasaran, BPFE: Yogyakarta. Buchari Alma.

Manullang, M. and Hutabarat, E. (2016) Manajemen pemasaran : dalam kompetisi global. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Montgomery, D. C. (2012) Statistical quality control. Wiley Global Education.

Riduwan (2019) Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Robbins, S. P. and Coulter, M. (2017) Management 13E. Pearson India Noida, India.

Unduhan

Diterbitkan

05/26/2022

Cara Mengutip

Pratiwi, L. P. S. ., Wijaya, I. M. P. P., & Agustino, D. P. (2022). Pelatihan Manajemen Pemasaran Dengan Website Pada Penjahit Kain Rayon Di Kecamatan Blahbatuh Bali. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 43–48. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i3.133

Terbitan

Bagian

Artikel