Sosialisasi Peningkatan SDM Perangkat Desa Melalui Program Pendidikan S1 di Kecamatan Tano Tombangan

Penulis

  • Evitamala Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Cipto Duwi Priyono Universitas Graha Nusantara
  • Edi Epron Sihombing Universitas Graha Nusantara
  • Nursalamah Universitas Graha Nusantara
  • Rini Kesuma Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Lisa Fitri Meidipa Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i1.379

Abstrak

Tujuan dari tim ini adalah agar perangkat desa mempunyai keterampilan dan pengetahuan dalam mengelola desa melalui Pendidikan Strata 1. Lokasi penelitian di Kecamatan Tano Tombangan. Metode yang digunakan oleh tim PKM merupakan metode yang umumnya sering digunakan pada saat sosialisasi, yaitu metode ceramah. Sebab metode ceramah paling tepat digunakan untuk menyosialisasikan pentingnya peningkatan sumber daya manusia perangkat desa Malulu di tingkat perguruan tinggi. Hasil dari hasil sosialisasi yang dilakukan diketahui terdapat beberapa perangkat desa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan sarjana, terdapat sekitar 17 perangkat desa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi baik kepala desa maupun stafnya. Dan kesimpulan yang diperoleh terdapat beberapa tugas dan wewenang kepala desa yang berkaitan dengan penyelenggaraan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan desa. Jika dikaitkan dengan tingkat kelulusan kepala desa yang hanya lulusan SMP atau SMA, maka hal ini tidak sesuai dengan tugas dan wewenang kepala desa karena dalam menjalankan tugas tersebut kepala desa harusnya menerima pendidikan tersebut melalui perkuliahan sehingga kepala desa mempunyai pengetahuan tentang cara mengelola desa.

Kata Kunci:

Perangkat Desa, Program Pendidikan s1, Kecamatan Tano Tombangan, Sosialisasi, SDM Perangkat Desa, Peningkatan SDM

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan. KENCANA.

Djamarah, S. . (2008). Strategi belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Gai, A. M., Witjaksono, A., & Maulida, R. R. (2020). Perencanaan dan Pengembangan Desa. https://my.b-ok.as/book/11521939/4f1438

H.A.W.Widjaja. (2003). Pemerintahan Desa/Marga. Raja Grafindo Persada.

Hamdi, M. (2021). Tata Kelola Pemerintahan Desa (1st ed.). Pt.Bumi Aksara.

N.A.M.Sihombing, E. (2020). Hukum Pemerintahan Desa. Setara Press.

Nabila, F. S. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Tinggi Untuk Kaum Perempuan (Studi Kasus di Desa Curahdringu Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo). Al-Hikmah, 2(2), 136–148.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Sinar Grafika Offset.

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, 1(1), 111.

UUD Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Jakarta.Depdiknas

https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-internet-di-indonesia-sentuh-212-juta-pada-2023

Unduhan

Diterbitkan

01/31/2024

Cara Mengutip

Siregar, E., Priyono, C. D. ., Sihombing, E. E. ., Nursalamah, Siregar, R. K., & Meidipa, L. F. (2024). Sosialisasi Peningkatan SDM Perangkat Desa Melalui Program Pendidikan S1 di Kecamatan Tano Tombangan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 76–83. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i1.379

Terbitan

Bagian

Artikel