Sosialisasi Strategi Kebijakan Program Inovasi Desa (Village Inovation Program) Terhadap Peningkatan Ekonomi Pedesaan Di Kabupaten Tapanuli Selatan

Penulis

  • Dewi Sartika Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i3.150

Abstrak

Pemerintah telah menganggarkan dana desa yang jumlahnya sangat besar. Agar dana tersebut bisa digunakan secara efektif dan tepat sasaran maka lahirlah sebuah kebijakan pemerintah yaitu PID atau program inovasi desa. Dalam teknik pelaksanaannya suatu desa akan didampingi oleh sebuah tim pelaksana program inovasi desa. Komponen penting program ini yang harus diperhatikan yaitu; i) Adanya pertukaran pengetahuan agar terjadi proses pembangunan desa yang inovatif. ii). Terjadinya peningkatan PJLT atau penyedia jasa layanan teknis sehingga desa mendapatkan layanan teknis yang mandiri dan profesional. Sasaran terpenting dari PID ini adalah menyangkut kesejahteraan dan peningkatan ekonomi  anggota masyarakat melalui program/produk unggulan desa.

Kata Kunci:

Kebijakan, inovasi desa, peningkatan ekonomi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adisasmito, R. (2006). Membangun Desa Partisipatif. Graha Ilmu.

Anwar, S. (2019). Buku Produk Unggulan dan Kerjasama Desa. Berdasarkan Statistik Potensi Desa. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi RI.

Pedoman Umum Program Inovasi Desa, (2018).

Prajoko. (2016). Modul Pelatihan Pratugas Pendamping Lokal Desa (PLD) Pendamping Desa (Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014) Kemendes, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI. Jakarta.

Todaro, M., & Smith, C. S. (2000). Pembangunan Ekonomi. kesebelas jilid I. Erlangga.

Unduhan

Diterbitkan

05/23/2022

Cara Mengutip

Sartika, D. (2022). Sosialisasi Strategi Kebijakan Program Inovasi Desa (Village Inovation Program) Terhadap Peningkatan Ekonomi Pedesaan Di Kabupaten Tapanuli Selatan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 66–71. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i3.150

Terbitan

Bagian

Artikel