Implementasi Kegiatan Informasi Publik Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Palangka Raya

Penulis

  • Indi Waras Wati STMIK Palangkaraya
  • Niksan Pratama STMIK Palangkaraya
  • Deden Andriawan STMIK Palangkaraya
  • Osy Elvanisba STMIK Palangkaraya
  • Dory Silvan Geriding Sangka Lemu STMIK Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i1.343

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan selama periode 10 Juli 2023 hingga 1 September 2023. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) dalam mengatasi masalah terkait manajemen pengaduan dan perizinan, serta kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaporkan keluhan terkait fasilitas kota. Tim Pkm menggunakan pendekatan yang melibatkan pembuatan video bertema anti narkoba, pembuatan brosur tentang layanan SIMBG (Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung), dan brosur tentang pengelolaan limbah tinja. Dengan harapan bahwa hasil dari kegiatan ini akan memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat sekaligus memberikan peringatan tentang bahaya narkoba. Hasil dari dua bulan pelaksanaan kegiatan ini adalah tiga produk: Brosur SIMBG, brosur pengelolaan limbah tinja, dan video anti narkoba. Video anti narkoba bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak buruk narkoba. Dengan demikian, program pengabdian kepada masyarakat ini berhasil meningkatkan efektivitas layanan, mempermudah proses perizinan, serta memfasilitasi pengaduan masyarakat terhadap fasilitas kota. Kesimpulannya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palangkaraya dapat terus melakukan himbauan melalui informasi publik melalui media sosial, sehingga informasi yang disampaikan dapat mencapai masyarakat secara lebih efektif.

Kata Kunci:

Informasi Publik, PUPR, Layanan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Oktariani, D., Herlissha, N., & Zahri, T. A. (2021). Implementasi fungsi-fungsi manajemen pada kegiatan lomba cerdas cermat empat pilar kebangsaan dalam membentuk keadaban publik. 3.

Sofyan, M. (2021). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Sosial (EMBISS) Volume 2, Nomor 1, November 2021. 2.

Yasha, Langitta Setiawan (2015). Manajemen Humas Pemerintah Dalam Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Di Kota Padang Panjang. Masters Thesis, Upt. Perpustakaan Unand.

Hidayat, Riyan (2020) Implementasi Web Application Pada Kegiatan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (Rptra) (Studi Kasus Pada Rptra Kecapi 72). Undergraduate Thesis, Universitas Satya Negara Indonesia.

R. Ayu Ardhia Dwi Pramesti, 152050188 (2019) Analisis Implementasi Kegiatan Kehumasan Dalam Mendukung Pelayanan Informasi Publik Di Pemerintahan Kota Bandung. Skripsi(S1) Thesis, Fisip Unpas.

Aslan Rahmat, - (2020) Penerapan Fungsi Humas Dprd Provinsi Riau Dalam Meningkatkan Informasi Publik. Skripsi Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Diah Nurul Wulandari, - (2020) Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik Pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman Danpertanahan Provinsi Riau. Skripsi Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Unduhan

Diterbitkan

01/11/2024

Cara Mengutip

Wati, I. W., Pratama, N., Andriawan, D., Elvanisba, O., & Lemu, D. S. G. S. (2024). Implementasi Kegiatan Informasi Publik Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Palangka Raya. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i1.343

Terbitan

Bagian

Artikel