Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Melalui Pemanfaatan Sumber Belajar Digital Bagi Guru Sekolah Menengah Provinsi Banten

Penulis

  • Dodi Sukmayadi Universitas Terbuka
  • Zakirman universitas terbuka
  • Widiasih Universitas Terbuka
  • Ratna Ekawati Universitas Terbuka
  • Pekan Pandiangan Universitas Terbuka
  • Heni Safitri Universitas Terbuka
  • Tuti Purwoningsih Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i6.217

Abstrak

Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dimulai dengan membangun sistem pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran menjadi lebih menarik, variatif, dan interaktif. Sumber belajar digital dapat mengakomodir kebutuhan belajar yang ideal sehingga akan lebih meningkatkan kualitas belajar siswa. Dibalik banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh sumber belajar digital, terdapat beberapa permasalahan yang muncul dalam kegiatan implementasinya. Salah satu kendala yang dimaksud adalah kompetensi dan keterampilan guru dalam menggali dan memanfaatkan sumber belajar digital. Berdasarkan hasil wawancara dengan ketua MGMP Fisika Provinsi Banten, masih banyak guru yang mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran, peningkatan penguasaan dan kualitas pembelajaran Fisika. Pola kegiatan pembelajaran yang belum bervariasi memberikan kontribusi terhadap penurunan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika. Pemanfaatan sumber belajar digital dalam pembelajaran Fisika belum optimal. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru Fisika di Provinsi Banten dalam mengelola pembelajaran berbasis sumber belajar digital. Setelah pelaksanaan kegiatan pengabdian dapat disimpulkan bahwa secara umum peserta telah mampu merancang kegiatan pembelajaran dengan mengimplementasikan sumber belajar digital. Hasil evaluasi terhadap tugas dan produk peserta menunjukkan bahwa karya yang dirancang telah sesuai dengan tujuan dari kegiatan pelatihan. Kedepannya, diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian ini, akan semakin banyak guru Fisika khususnya di Provinsi Banten yang memiliki karya inovatif berupa sumber belajar digital yang berguna untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Kata Kunci:

Kualitas Pembelajaran, Sumber belajar Digital, Media Pembelajaran Fisika

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(2), 57. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.101

Dopo, F. B., & Ismaniati, C. (2016). Persepsi Guru Tentang Digital Natives, Sumber Belajar Digital Dan Motivasi Memanfaatkan Sumber Belajar Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 13. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8280

Febrianti, K. V., Bakri, F., & Nasbey, H. (2017). Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(2), 18. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i2.8273

Mukti, W. M., N, Y. B. P., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis. FKIP E-proceeding, 5(1), 51–59. https://sites.google.com/view/fisikakuyess.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Gauss; Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73

Parong, J., & Mayer, R. E. (2021). Cognitive and affective processes for learning science in immersive virtual reality. Journal of Computer Assisted Learning, 37(1), 226–241. https://doi.org/10.1111/jcal.12482

Rarastika, S. (2022). Penggunaan Teknologi QR Code Dalam Pembelajaran Tematik: Penelitian Pengembangan Bahan Ajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 94-104

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamal, J. (2020). PhET: simulasi interaktif dalam proses pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103

Sahelatua, L. V. dan M. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media It Dalam Pembelajaran Di Sdn 1 Pagar Air Aceh Besar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 131–140. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/download/8579/3601

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 202–213.

Sulisworo, D., Sulistyo, E, N., Akhsan, R, N., (2017). The Motivation Impact of Open Educational Resources Utilization On Physics Learning Using Quipper School App. Turkish Online Journal of Distance Education, 18(4), 120-128

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654

Tarigan, T. P. E. (2019). Menyikapi Era Digital Dalam Pembelajaran Pak. Jurnal Penelitian Fisikawan, 2(2), 22–28. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/318

Ulfah, R. Y., Yuliani, H., & Nastiti, L. R. (2020). Kendala Mahasiswa Dalam Menggunakan Simulasi Virtual Phet Pada Pembelajaran Praktikum Gelombang Selama Pandemi Covid-19. SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 1–8. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/view/1715

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941

Yani, S., & Siwi, M. (2020). Analisis Penggunaan Media Sosial Dan Sumber Belajar Digital Dalam Pembelajaran Bagi Siswa Digital Native Di SMAN 2 Painan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.17977/um014v13i12020p001

Unduhan

Diterbitkan

11/28/2022

Cara Mengutip

Dodi Sukmayadi, -, Z., Widiasih, Ratna Ekawati, Pekan Pandiangan, Heni Safitri, & Tuti Purwoningsih. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Melalui Pemanfaatan Sumber Belajar Digital Bagi Guru Sekolah Menengah Provinsi Banten. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 180–189. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i6.217

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama