Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Media Sosial

Penulis

  • Mas Intan Purba Universitas Prima Indonesia
  • Nina Purnasari Universitas Prima Indonesia
  • Dhita Adriani Rangkuti Universitas Prima Indonesia
  • Wirda Lilia Universitas Prima Indonesia
  • Demak Claudia Yosephine Simanjuntak Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i2.227

Abstrak

Perkembangan media sosial dengan fitur yang dapat diakses dimanapun telah menarik perhatian banyak pengguna, terutama remaja. Namun, penggunaan media sosial juga memiliki dampak positif dan negatif terhadap kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu, penting untuk mensosialisasikan informasi ini kepada remaja. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mengetahui pengetahuan remaja tentang dampak penggunaan media sosial terhadap kesehatan jiwa. Metode yang digunakan meliputi analisa situasi masyarakat dengan menentukan khalayak sasaran dan bidang permasalahan yang akan dianalisis. Identifikasi masalah dilakukan untuk menemukan dan merumuskan permasalahan yang dihadapi oleh kelompok sasaran. Selanjutnya, ditentukan tujuan kerja secara spesifik untuk mencapai perubahan yang diinginkan. Rencana pemecahan masalah dilakukan untuk memecahkan masalah yang sudah diidentifikasi. Pendekatan sosial terhadap masyarakat sasaran menjadi penting dalam kegiatan ini. Selanjutnya, dilaksanakan kegiatan dan dilakukan evaluasi terhadap hasil dan dampak kegiatan tersebut terhadap masyarakat sasaran. Saran untuk pihak sekolah adalah memasukkan peningkatan pengetahuan remaja tentang media sosial dan dampaknya ke dalam jadwal ekstrakulikuler sekolah. Kegiatan ini dapat dilakukan dalam kelompok-kelompok atau peer group dengan melibatkan duta media sosial yang telah dipilih.

Kata Kunci:

Media sosial, Siswa, Dampak

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdussalam, Huzaifah. 2015. Dampak positif dan negatif media sosial bagi Pelajar. http://SOSMED/Abdus%20Salaam_%20Dampak%20Media%20Sosial%20Bagi%20Pela jar.html, tanggal 12 Desember 2017.

Fitri, Sulidar.2017. Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial.

Tasikmalaya: Universitas Tasikmalaya

Nugraha, Abrianto. 2012.Manfaat Media Sosial dalam Dunia Pendidikan. https://abriantonugraha.wordpress.com/, tanggal 16 Desember 2017.

Putra, Jaya. 2012. Pengertian Media sosial peran serta fungsinya. http://jayaputrasbloq.blogspot.com/2011/02/definisi-atau-pengertian-istilah-social.html, diakses 7 Agustus 2017

Wijaya, Raden. 2013. Skala likert (metode perhitungan, persentase dan interval). https://www.slideshare.net/wijayaraden/skala-likert-metode-perhitungan-persentase-dan- interval, 3 Desember 2017

Romeltea. 2014. Media Sosial: Pengertian, Karakteristik, dan Jenis. Melalui http://www.romelteamedia.com/2014/04/media-sosial-pengertian-karakteristik.html, Diakses tanggal 7 Agustus 2017

Sukmahayati, Linda. 2017. Makalah Penelitian Sosial - Pengaruh Media Sosial Terhadap Remaja. http://lindasukmahayati.blogspot.co.id/2017/03/penelitian-sosial-pengaruh- media-sosial.html, diakses 12 Desember 2017.

Wikipedia. 2014. Media Sosial dalam dunia Pendidikan Remaja. Melalui https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial_dalam_dunia_pendidikan_remaja , Diakseses tanggal 8 Agustus 2017.

Wikipedia.2017. Media Sosial. ttps://ms.wikipedia.org/wiki/Media_sosial, 8 Agustus 2017.

Unduhan

Diterbitkan

03/26/2023

Cara Mengutip

Purba, M. I., Purnasari, N., Rangkuti, D. A. ., Lilia, W. ., & Simanjuntak, D. C. Y. (2023). Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Media Sosial. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 89–94. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i2.227

Terbitan

Bagian

Artikel