Pelatihan Manajemen Keuangan Sebagai Upaya Pembekalan Pengetahuan Dasar Kewirausahaan Bagi Wirausaha Muda Di Kecamatan Padang Sidempuan Utara

Penulis

  • Azhar Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Silviana Batubara universitas graha nusantara
  • Fithra Maharani Universitas Graha Nusantara
  • Wisnu Yusditara Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.245

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang manajemen keuangan kepada pelaku wirausaha muda di Kecamatan Padang Sidempuan Utara. Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan mulai dari observasi, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari ceramah, dilanjutkan dengan diskusi antara pemateri dengan peserta, dan diakhiri dengan praktek langsung menggunakan manajemen keuangan dalam usaha. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar sesuai dengan seluruh tujuan dan perencanaan tim pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta memiliki kriteria sesuai dengan ketetapan tim pengabdian kepada masyarakat. Dari hasil evaluasi tim dengan menyebarkan kuesioner pada setiap akhir sesi pelatihan masih terdapat penurunan pemahaman peserta pada materi pelatihan IV: group diskusi dan praktek. Namun dengan pendampingan yang dilakukan hal ini dapat teratasi meski tidak semaksimal yang diharapkan.

Kata Kunci:

Pelatihan Manajemen Keuangan, Wirausaha Muda, Padang Sidempuan Utara

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Astuti, R., Kartawinata, B. R., Nurhayati, E., Tuhuteru, J., Mulatsih, L. S., Muliyani, A., Siska, A. J., Erziaty, R., Wicaksono, G., Nurmatias, N., Nugroho, H., Sugiarto, D., & Indriani, J. D. (2022). Manajemen Keuangan Perusahaan. In Cv widina Media Utama.

Ezirim, C. B., & Muoghalu, M. I. (2006). Financial management imperatives of intermediation function of financial institutions: Empirical evidence from Nigeria. 1(2), 116–131.

Grozdanovska, V., Bojkovska, K., & Jankulovski, N. (2017). Financial management and financial planning in the organizations. European Journal of Business and Management, 9(02).

Layr, C. (2014). Strategic Finance and Firm Governance. University of St. Gallen.

Paramasivan, C., & Subramanian, T. (2009). Financial Management. New Age International (P) Limited, Publishers.

Unduhan

Diterbitkan

01/31/2023

Cara Mengutip

Azhar Harahap, Batubara, S., Fithra Maharani, & Wisnu Yusditara. (2023). Pelatihan Manajemen Keuangan Sebagai Upaya Pembekalan Pengetahuan Dasar Kewirausahaan Bagi Wirausaha Muda Di Kecamatan Padang Sidempuan Utara . KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.245

Terbitan

Bagian

Artikel