Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Produksi Keripik Pisang Salai Bu Atika Di Kelurahan Bukit Nenas

Penulis

  • Muhammad Arif Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Azmi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Fitra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Melliana Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Trisna Mesra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i2.113

Abstrak

Mitra pada kegiatan pengabdian ini adalah Usaha keripik Pisang Salai ibu Atika di Kelurahan Bukit Nenas, Kota Dumai. Dari observasi lapangan diperoleh empat permasalahan yang ada pada mitra yaitu, pertama proses pengirisan pisang masih manual menggunakan pisau sehingga diperoleh hasil irisan yang tidak seragam dan waktu yang lama. Permasalahan kedua pada proses penjemuran, ketiga proses penggorengan dan terakhir proses pemasaran. Tujuan akhir dari pengabdian ini adalah untuk memperbaiki manajemen usaha dan memperluas pangsa pasar mitra dengan cara meningkatkan kualitas produk dan kuantitas produksi. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Solusi yang diberikan yaitu pemberian alat pengirisan pisang dan pendampingan penggunaannya, Penyerahan alat jemur untuk menambah kapasitas penjemuran untuk mempercepat proses penjemuran, Pemberian kuali untuk meningkatkan proses penggorengan dan pelatihan pengemasan, pemberian label dan merek serta penyampaian materi terkait sosial media sebagai alat bantu pemasaran produk. Adapun hasil kegiatan meliputi peningkatan kapasitas produksi melalui penggunaan alat bantu pengirisan dan peralatan penunjang lainnya. Kemasan produk semakin baik yang dilengkapi dengan label dan merek serta penggunaan sosial media sebagai sarana memperluas jangkauan pemasaran.

Kata Kunci:

Kapasitas Produksi, Manajemen Usaha, Pisang Salai

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aratama, B.A., & Surya, A. (2020). Alat Pengering Sale Pisang dengan energi Surya. JTTM: Jurnal Terapan Teknik Mesin, 1(2), 54–66.

Gurning, R., Puarada, S., & Fuadi, M. (2021). Pemanfaatan Limbah Buah Pisang Menjadi Selai Kulit Pisang sebagai Peningkatan Nilai Guna Pisang. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 106–111.

Hasanah, Uswatun., Mayshuri., & D. (2015). Analisis Nilai Tambah Agroindustri Sale Pisang di Kabupaten Kebumen. Ilmu Pertanian, 18(3), 141–149.

Nurainy, F., Hidayati, S., Koesoemawardani, D., & Suroso, E. (2017). Penyuluhan dan Pelatihan Pengolahan Sale Pisang Kelompok Usaha Bersama Aisyah di Desa Sukajawa Kecamatan Bumi Ratu Kabupaten Lampung Tengah. SAKAI SAMBAYAN, 38–40.

Nurhadi., Wiharya, C., & Agustriyana, L. (2021). Peningkatan Kapasitas Produksi Budidaya Lele pada kolam Biofloc bertenaga surya untuk Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks Solidaritas, 4(1), 101–110.

Putri, Y., Veronika, Y., & Karuniawan, A., et al. (2015). Pemanfaatan jenis-jenis pisang (banana dan plantain) lokal Jawa Barat berbasis produk sale dan tepung. Jurnal Kultivasi, 14(2), 63–70.

Susilo, A., Rumende, C., P. et al. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67.

Unduhan

Diterbitkan

03/11/2022

Cara Mengutip

Arif, M., Azmi, Fitra, Melliana, & Mesra, T. (2022). Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Produksi Keripik Pisang Salai Bu Atika Di Kelurahan Bukit Nenas. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i2.113

Terbitan

Bagian

Artikel