Pelatihan Speech Berbasis Flipped Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking dan Kepercayaan Diri Siswa English Club SMPN 4 Kuningan dalam Program Talent Show
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i3.541Kata Kunci:
Speech, Kepercayaan Diri, Public SpeakingAbstrak
Kegiatan pelatihan Speech dan program Talent Show ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kuningan dengan sasaran peserta anggota English Club. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa melalui metode pendekatan Flipped Learning/Flipped Classroom yang mengkolaborasikan pelatihan daring melalui WhatsApp dan luring. Pelatihan berfokus pada peningkatan kemampuan speaking skill dan kepercayaan diri siswa English Club melalui penampilan speech. Puncak kegiatan dilangsungkan dengan penampilan siswa dalam program Talent Show bertemakan “Bullying and Frienship” di hadapan warga sekolah. Dari evaluasi kegiatan yang dilaksanakan melalui observasi langsung dan kuesioner yang diisi siswa, menunjukan adanya peningkatan signifikan terhadap kepercayaan diri, pengucapan serta kemampuan menyampaikan pidato secara efektif.
Unduhan
Referensi
Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip your classroom: Reach every student in every class every day. International Society for Technology in Education. https://www.rcboe.org/cms/lib/ga01903614/centricity/domain/15451/flip_your_classroom.pdf
Brown, H. D., & Abeywickrama, P. (2018). Language assessment: Principles and classroom practices (3rd ed.). Pearson Education.
Butar Butar, D. R. S., Panggabean, R. E., & Manullang, R. B. S. (2024). The importance of English-speaking skills in the global business world. Jurnal Kajian Dharma dan Karya, 11(1), 51–59. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jakadara/article/view/2966
Demir, Ç., & Mirzaie, H. (2023). The effect of flipped classroom technique on developing English speaking skills of EFL learners. RumeliDE Dil ve Edebiyat Araştırmaları Dergisi, (36), 1392–1403. https://www.researchgate.net/publication/375449578
Dewani, F. A. (2024). English public speaking training for students: Exploring their potential and self-confidence. East Journal of Community Service, 6(1), 14–20. https://ejcs.eastasouth-institute.com/index.php/ejpcs/article/download/184/116
Kristyowati, D., Widodo, J. S., & Kurniasari, R. W. (2023). The effect of the flipped classroom model on improving student speaking. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 12(1). https://doi.org/10.26499/rnh.v12i1.5973
Rosyidah, R. H. (2022). Students’ perceptions of the flipped classroom method in enhancing public speaking skill. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2). https://doi.org/10.23969/wistara.v3i2.19016
Rofi’i, A., Sunaryo, H., & Arifin, A. (2023). Public speaking training to improve English speaking skill for santri at pesantren. Jurnal Sani Skala, 5(2), 137–144. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/saniskala/article/download/6189/3338/27058
Sitepu, H., Siregar, N., & Simbolon, M. (2024). Pelatihan public speaking untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan berbicara santri. Journal of Education and Community Service (JECS), 6(1), 23–30. https://ejcs.eastasouth-institute.com/index.php/ejpcs/article/download/184/116
Semiun, T. T., Wisrance, M. W., Napitupulu, M. H., Seran, Y., Luruk, F. D., & Pale, E. S. (2022). Pelatihan pidato bahasa Inggris sebagai upaya peningkatan kemampuan speaking. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 215–222. https://journal.uniku.ac.id/index.php/empowerment/article/view/5516
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mutia Nur Imani, Nisaul Mutmainah, Nurul Khurmatil Fitri, Muhammad Aprianto Budie Nugroho

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.