Peran Media Sosial Youtube Sebagai Media Edukasi Dalam Pendidikan Generasi Z

Penulis

  • Nur Sa'adatut Daraini Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Eli Masnawati Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.417

Kata Kunci:

Media Sosial, Pendidikan, YouTube, Generasi Z, Teknologi Informasi

Abstrak

Dalam era digital saat ini, media sosial telah mengemban peran penting dalam pendidikan, khususnya bagi Generasi Z yang tumbuh di tengah kemajuan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas YouTube sebagai platform edukasi yang dapat mendukung proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber data sekunder melalui studi literatur yang melibatkan analisis terhadap jurnal dan penelitian terdahulu yang relevan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa YouTube memenuhi syarat sebagai media edukasi efektif karena memungkinkan interaksi antara guru dan siswa secara lebih fleksibel dan dinamis. Media ini tidak hanya memfasilitasi penyampaian materi pendidikan tetapi juga memperkaya pengalaman belajar siswa dengan konten yang informatif dan interaktif. Dengan demikian, YouTube berpotensi besar untuk diintegrasikan dalam strategi pembelajaran formal dan informal, menawarkan akses luas kepada materi pendidikan yang dapat diulang kapan saja dan memperkaya metode pembelajaran tradisional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, D., Sastraatmadja, A. H. M., Lestari, N. C., Saputra, N., & Al Haddar, G. (2023). Implementation of Youtube as A Learning Media in The New Normal Era. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(3), 476-481.

Abdulloh, Abdulloh, Mochamad Zakki Fahmi, and Imam Siswanto. "Penggunaan Media Sosial (Youtube) Sebagai Media Inovatif Dalam Pembelajaran di Madrasah Gresik." Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 5.1 (2019): 33-37.

Adrianto, J., Sazali, H., & Rasyid, A. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Sosial Youtube Sebagai Media Content Video Creative (Studi Kasus Deskriptif Kualitatif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2018). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(2), 498-503.

Aprilia, C. A., Wahyuni, S. I., & Sari, W. N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Oleh Generasi Z Sebagai Media Pembelajaran Era Post Pandemi. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(3), 530-536.

Cholik, M., Umaroh, S. T., Rijanto, T., & Soeryanto, S. (2023). Youtube as an alternative to learning media: a case study. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 29(1), 86-97.

Hasibuan, D. R., Kartini, K., Angginami, H., Ritonga, I. H., & Al-Rasyid, R. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Youtube sebagai Media Edukasi di Kalangan Milenial. Sci-tech Journal, 2(2), 142-147.

Kartini, K., Harahap, I. A., Arwana, N. Y., & Rambe, S. W. T. B. (2022). Teori dalam Penelitian Media. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 136-140.

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi media sosial dalam pembelajaran generasi z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80-86.

Nursobah, A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Youtube Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 13(2), 76-85.

Prahara, H. (2018). Lahir di Era Digital, Begini Jurus Jitu Mendidik Generasi Z... Www.Educakasi.Kompas.Com. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2018/03/27/12493221/lahir-di-eradigital-begini-jurus-jitu-mendidik-generasi-z

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1-19.

Pujiono, A., Kanafi, K., & Farida, M. (2022). Media Sosial Sebagai Sumber Belajar Bagi Generasi Z. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 7(2), 252-262.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Rizkiyah, S., Rizqin, I. Z., Putri, M. A. B., Elmaliyasari, S., Rusdiyanto, N. R., & Kusumastuti, E. (2024). Implikasi Penggunaan Platform Media Sosial dalam Pendidikan Agama. Jurnal Kependidikan, 9(1), 7-15.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2018). Komunikasi dan media sosial. Jurnal The Messenger, 3(2), 69.

Yunita, S., Chahyani, A. T., Ambarita, H. M., Sinaga, I. R., & Hummaira, N. D. (2024). Pengaruh Media Sosial dalam Membentuk Identitas Kewarganegaraan yang berakar pada Nilai-Nilai Pancasila. Journal on Education, 6(3), 16833-16839.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2024

Cara Mengutip

Daraini, N. S., & Masnawati, E. (2024). Peran Media Sosial Youtube Sebagai Media Edukasi Dalam Pendidikan Generasi Z . MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(2), 81–87. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.417

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.