Pengaruh Penggunaan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran terhadap Pemahaman Mahasiswa tentang Strategi Promosi Pemasaran

Penulis

  • Abdul Rahman Suleman Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Yulia Rizki Ramadhani Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i1.365

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi dampak penggunaan media sosial dalam pembelajaran terhadap pemahaman mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan tentang strategi promosi pemasaran. Dengan fokus pada peningkatan pemahaman konsep, keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan berpikir kreatif, studi ini melibatkan 16 mahasiswa melalui metode kuantitatif, menggunakan pretest dan posttest. Pembelajaran diintegrasikan dengan aktivitas media sosial seperti diskusi kelompok dan presentasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman materi, yang didukung oleh data kuesioner yang menegaskan persepsi positif mahasiswa terhadap penggunaan media sosial. Meskipun demikian, temuan tersebut juga menyarankan perlunya strategi yang lebih efektif dalam mengintegrasikan media sosial dalam pendidikan.

Kata Kunci:

Media Sosial, Pembelajaran Strategi Promosi Pemasaran, Pendidikan Ekonomi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bloom, B. S. (1971). Handbook on formative and summative evaluation of student learning.

Clem, C., & Junco, R. (2015). The future of technology in education. The Wiley Handbook of Psychology, Technology, and Society, 514–532.

Cozby, P. C. (2006). Methods in behavioral research: McGrawHill.

Creswell, J. W. (2020). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson Higher Ed.

Greenhow, C., & Lewin, C. (2019). Social media and education: Reconceptualizing the boundaries of formal and informal learning. In social media and education (pp. 6–30). Routledge.

Hew, K. F., & Cheung, W. S. (2013). Use of Web 2.0 technologies in K-12 and higher education: The search for evidence-based practice. Educational Research Review, 9, 47–64.

Junco, R., Heiberger, G., & Loken, E. (2011). The effect of Twitter on college student engagement and grades. Journal of Computer Assisted Learning, 27(2), 119–132.

Kabilan, M. K., Ahmad, N., & Abidin, M. J. Z. (2010). Facebook: An online environment for learning of English in institutions of higher education? The Internet and Higher Education, 13(4), 179–187.

Kalasi, R. (2014). The impact of social networking on new age teaching and learning: An overview. Journal of Education & Social Policy, 1(1), 23–28.

Kaplan, A., & Haenlein, M. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53, 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kumar Jha, A., Burg, G., Pimmer, C., Linxen, S., & Gröhbiel, U. (2012). Mobile learning in resource-constrained environments. A case study of medical education.

Lamb, C. W., Hair, J. F., McDaniel, C., Summers, J., & Gardiner, M. (2013). MKTG2: 2nd Asia-Pacific edition. Cengage Learning Australia.

Manca, S., & Ranieri, M. (2016). Facebook and the others. Potentials and obstacles of social media for teaching in higher education. Computers & Education, 95, 216–230.

Sahroh, A. F. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Tingkat Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3).

Selwyn, N. (2012). Social media in higher education. The Europa World of Learning, 1(3), 1–10.

Selwyn, N. (2016). Education and technology: Key issues and debates. Bloomsbury Publishing.

Widada, C. K. (2018). Mengambil manfaat media sosial dalam pengembangan layanan. Journal of Documentation and Information Science, 6003, 23–30.

Unduhan

Diterbitkan

31-01-2024

Cara Mengutip

Suleman, A. R. ., & Ramadhani, Y. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran terhadap Pemahaman Mahasiswa tentang Strategi Promosi Pemasaran. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(1), 11–20. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i1.365

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama