Analisis Perkembangan Moral Dan Sosial Mahasiswa Melalui Kedisiplinan Dalam Proses Perkuliahan

Penulis

  • Rina Tiur Lona Universitas Graha Nusantara
  • Tri Eva Juniasih Universitas Graha Nusantara
  • Elfi Syahri Ramadhona Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.429

Kata Kunci:

Moral, Sosial, Kedisiplinan

Abstrak

Tujuan dari Pendidikan tinggi yaitu menciptakan mahasiswa yang mampu bersaing dalam dunia ilmu pengetahuan dengan memiliki moral dan sosial. Dalam penelitian ini, yang menjadi tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan moral dan sosial mahasiswa melalui kedisiplinan yang ditekankan pada saat perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tujuan perkuliahan yang telah ditetapkan tercapai dimana dosen berhasil mengembangkan nilai moral dan sosial mahasiswa. Dari hasil analisis diperoleh bahwa Tingkat kedisiplinan mahasiswa pada saat perkuliahan dan harapan mahasiswa dari semua indikator kedisiplinan dikategorikan tinggi, tingkat kedisiplinan mahasiswa yaitu 79,27%. Dari seluruh indikator dapat disimpulkan bahwa tingkat perkembangan moral dan sosial mahasiswa dengan menerapkan kedisiplinan dalam perkuliahan yaitu sebesar 85,49% dan dikategorikan Sangat Tinggi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amseke, F. V., & Panis, M. P. (2020). Peran Perkembangan Moral Terhadap Perilaku Prososial Remaja. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 2(2), 103-115.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Building Tolerance Attitudes Of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103–115.

Fandini, P., Sulatani, S., & Susanto, D. (2018). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Behavioral Contract Dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa di SMA PGRI 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(1), 13-20

Hasanah, A. (2020). Perbedaan Perkembangan Moral Anak Laki-Laki Dan Anak Perempuan Pada Usia Sekolah Dasar. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 15(1), 41-58.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta : Kemdikbud.

Listyaningrum, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 3(2), 108.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.

Saifudin Azwar. (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.

Soesana Abigail, dkk. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Medan : Yayasan Kita Menulis.

Syukri, R. A., Bahri, A., Khaltsum, U., & Makassar, U. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Fun Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 51–60.

Rachman, F., Nurgiansah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2970–2984.

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2024

Cara Mengutip

Lona, R. T., Juniasih, T. E., & Ramadhona, E. S. (2024). Analisis Perkembangan Moral Dan Sosial Mahasiswa Melalui Kedisiplinan Dalam Proses Perkuliahan. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(2), 106–112. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.429

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.