Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Tingkat SMP
DOI:
https://doi.org/10.55266/mindjournal.v1i1.45Kata Kunci:
Pengembangan, Media Pembelajaran, AndroidAbstrak
Penelitian ini untuk pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).Penelitian ini dilakukan di MTs YPKS Padangsidimpuan. Model penelitian yang digunakan untuk mengembangkan media ini adalah model ADDIE. Pada penelitan ini produk diujicobakan kepada satu orang ahli media, satu orang ahli materi, satu orang ahli bahasa dan uji coba lapangan. Dari nilai rata-rata keseluruhan yang didapat dari validator para ahli guru dan siswa diperoleh rerata skor 3,65 yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Hasil evaluasi formatif dari ahli media diperoleh rerata skor 3,8 yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Hasil evaluasi formatif dari ahli materi diperoleh rerata skor 3,65 yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Hasil evaluasi formatif dari ahli bahasa diperoleh rerata skor 3,6 yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Hasil evaluasi lapangan dari guru mata pelajaran matematika diperoleh rerata skor 3,65 yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Dan hasil respon siswa terhadap media pembelajaran matematika berbasis android diperoleh rerata skor 3.57 yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa media belajar yang dikembangkan “Sangat Layak” digunakan dalam proses belajar.
Unduhan
Referensi
Branch , R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media.
Heinze A dan Procter C, 2010.The Signifcance of the Refective Practitioner in blended learning. International Journal of Mobile and Blended Learning, 2(2), 18-29.
Komariah, S., dkk.(2018) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). Vol. 4, No. 1, 43-52.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra CendekianJogjakarta Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.