Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Tingkat SMP

Penulis

  • Haritsah Hammamah Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Sapriani Lubis Mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

DOI:

https://doi.org/10.55266/mindjournal.v1i1.45

Kata Kunci:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Android

Abstrak

Penelitian ini untuk pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).Penelitian ini dilakukan di MTs YPKS Padangsidimpuan. Model penelitian yang digunakan untuk mengembangkan media ini adalah model ADDIE. Pada penelitan ini produk diujicobakan kepada satu orang ahli media, satu orang ahli materi, satu orang ahli bahasa dan uji coba lapangan. Dari nilai rata-rata keseluruhan yang didapat dari validator para ahli guru dan siswa diperoleh rerata skor 3,65 yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Hasil evaluasi formatif dari ahli media diperoleh rerata skor 3,8 yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Hasil evaluasi formatif dari ahli materi diperoleh rerata skor 3,65 yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Hasil evaluasi formatif dari ahli bahasa diperoleh rerata skor 3,6 yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Hasil evaluasi lapangan dari guru mata pelajaran matematika diperoleh rerata skor 3,65 yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Dan hasil respon siswa terhadap media pembelajaran matematika berbasis android diperoleh rerata skor 3.57 yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa media belajar yang dikembangkan “Sangat Layak” digunakan dalam proses belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Branch , R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media.

Heinze A dan Procter C, 2010.The Signifcance of the Refective Practitioner in blended learning. International Journal of Mobile and Blended Learning, 2(2), 18-29.

Komariah, S., dkk.(2018) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). Vol. 4, No. 1, 43-52.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra CendekianJogjakarta Press.

Unduhan

Diterbitkan

01-07-2021

Cara Mengutip

Harahap, H. H., & Lubis, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Tingkat SMP. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.55266/mindjournal.v1i1.45

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.