Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Menggunakan Aplikasi Schoology Pada Perkuliahan Fisika Dasar Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dalam Masa Industri 4.0

Penulis

  • Eni Sumanti Nasution Universitas Graha Nusantara
  • Rodiah Ulfah Lubis Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/mindjournal.v1i1.47

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Hybrid, Aplikasi Schoology, Keterampilan Proses, Fisika Dasar

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa industri 4.0 perlu ditingkatka melalui peningkatan sumber daya manusia. Proses pembelajaran dalam masa industri 4.0 dituntut agar dunia pendidikan mengalami perkembangan terutama dalam bidang teknologi. Salah satu salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Hybrid dengan menggunakan aplikasi schoology untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan proses dalam materi perkuliahan fisika dasar. Oleh karena itu salah satu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran hybrid menggunakan aplikasi schoology pada perkuliahan fisika dasar dalam meningkatkan keterampilan proses dalam menghadapi industri 4.0. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Teknik Pengambilana sampel digunakan cluster random sampling dimana mahasiswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran hybrid menggunakan schoology dan mahasiswa matematika sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran e learning. Instrumen yang digunakan adalah soal tes keterampilan proses. Hasil dari penelitian untuk nilai rata-rata kelas kontrol pada pretes adalah 37,17 dan nilai rata-rata postes adalah 66,94. Adapun nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen training adalah 36,83 dan nilai rata-rata postes 78,61, hal ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran hybrid menggunakan aplikasi schoology terhadap kemampuan proses pada mata kuliah fisika dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrianto (2018) ‘Being a professional teacher in the era of industrial revolution 4.0: opportunities, challenges and strategies for innovative classroom practices’, English Language Teaching and Research, 2(1), p. 3.

Alonso, F. et al. (2005) ‘An instructional model for web-based e-learning education with a blended learning process approach’, British Journal of Educational Technology, 36(2), pp. 217–235. doi: 10.1111/j.1467-8535.2005.00454.x.

Ambar Ningsih, W. S., Suana, W. and Maharta, N. (2018) ‘Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa’, Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(2), pp. 85–93. doi: 10.20414/konstan.v3i2.16.

Ardila, A. (2016) ‘L.S. Vygotsky in the 21st century’, Psychology in Russia: State of the Art, 9(4), pp. 4–15. doi: 10.11621/pir.2016.0401.

Benešová, A. and Tupa, J. (2017) ‘Requirements for Education and Qualification of People in Industry 4.0’, Procedia Manufacturing, 11(June), pp. 2195–2202. doi: 10.1016/j.promfg.2017.07.366.

Beny Hari Firmansyah (2015) ‘[JOURNAL BM-Beny Hari Firmansyah] Pengembangan Blended Learning berbasis Schoology’, Teknologi Pembelajaran, 109(1), pp. 5–10.

Biswas, S. (2013) ‘Schoology-Supported Classroom Management: A Curriculum Review’, Northwest Journal of Teacher Education, 11(2), pp. 0–10. doi: 10.15760/nwjte.2013.11.2.12.

Creswell, J. W. (2012) Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. 4rd edn. SAGE Publication Inc.

Dobre, I. (2015) ‘Learning Management Systems for Higher Education - An Overview of Available Options for Higher Education Organizations’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 180(November 2014), pp. 313–320. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.02.122.

Donnelly, R. (2006) ‘Blended problem-based learning for teacher education: Lessons learnt’, Learning, Media and Technology, 31(2), pp. 93–116. doi: 10.1080/17439880600756621.

Indarto, P., Fatoni, M. and Surakarta, U. M. (2018) ‘Model Pembelajaran Hybrid Learning Pada Mata’, pp. 4–5.

Kannan, S. et al. (2020) ‘COVID-19 (Novel Coronavirus 2019) - recent trends’, European Review for Medical and Pharmacological Sciences, 24(4), pp. 2006–2011. doi: 10.26355/eurrev_202002_20378.

Kothari, C. R. (2004) Research Metodology Methods And Techniques. Second Rev. New Delhi: New Age International Limeted.

Melton, B. F., Bland, H. and Chopak-Foss, J. (2009) ‘Achievement and Satisfaction in Blended Learning versus Traditional General Health Course Designs’, International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3(1). doi: 10.20429/ijsotl.2009.030126.

Okaz, A. A. (2015) ‘Integrating Blended Learning in Higher Education’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 186, pp. 600–603. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.04.086.

Pool, G. and Byatt, A. S. (1996) ‘Chronicle of Higher Education’, The Women’s Review of Books, 13(10/11), p. 35. doi: 10.2307/4022491.

Prof. Dr. H. M. Wahyudin Zarkasyi, C. (2015) Penelitian Pendidikan Matematika. 1st edn. Kerawang: PT Refika Aditama.

Putra, P. D. A. and Sudarti (2015) ‘Pengembangan sistem e-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pendidikan fisika’, Jurnal Fisika Indonesia, 19(55), pp. 45–48.

Ramdhani, T., Suharta, I. G. P. and Sudiarta, I. G. P. (2020) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Sman 2 Singaraja’, Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), pp. 2613–9677.

Slavin R E (2009) Educational psychology theory and practice Eight edition.

Sunaryo, Y., Nuraida, I. and Zakiah, N. E. (2018) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Tipe Traditional Clasess-Real Workshop Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa’, Teorema, 2(2), p. 93. doi: 10.25157/.v2i2.1071.

Ting, K. L. and Siew, N. M. (2014) ‘Effects of Outdoor School Ground Lessons on Students’ Science Process Skills and Scientific Curiosity’, Journal of Education and Learning, 3(4), pp. 96–107. doi: 10.5539/jel.v3n4p96.

Vygotsky, L. S. (1994) Mind in Society Development of Higher Psychological Processes. Edited by Michael Cole. New York:

Young, P. V (1960) Scientific Social Surveys and Research, 3rd ed. 3rd edn. New York: Prentice-Hall.

Yuliyanto, E. and Imaduddin, M. (2014) ‘Panduan Pembelajaran E-Learning’.

Unduhan

Diterbitkan

01-07-2021

Cara Mengutip

Nasution, E. S., & Lubis, R. U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Menggunakan Aplikasi Schoology Pada Perkuliahan Fisika Dasar Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dalam Masa Industri 4.0. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.55266/mindjournal.v1i1.47

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.