Peran Organisasi Budi Utomo dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme: Suatu Kajian Historis terhadap Awal Kebangkitan Nasional Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i2.515Kata Kunci:
Budi Utomo, nasionalisme, pergerakan nasional, kebangkitan nasional, pendidikan, kolonialismeAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran organisasi Budi Utomo dalam menumbuhkan sikap nasionalisme pada masa awal pergerakan nasional Indonesia. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian sejarah, studi ini merekonstruksi dinamika sosial-politik yang melatarbelakangi pendirian Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Data diperoleh melalui studi pustaka terhadap sumber primer dan sekunder yang relevan, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan historis yang mencakup heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Budi Utomo merupakan manifestasi awal kesadaran kebangsaan yang lahir dari kalangan terpelajar pribumi sebagai respons terhadap kolonialisme. Meskipun bersifat sosial-budaya dan semula terbatas secara geografis, organisasi ini menjadi inspirasi bagi lahirnya gerakan nasional yang lebih luas dan politis. Nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Budi Utomo seperti persatuan, pendidikan, dan kesadaran kolektif tetap relevan untuk ditanamkan dalam pendidikan karakter generasi muda saat ini. Temuan ini menegaskan bahwa nasionalisme Indonesia tumbuh bukan hanya dari perjuangan bersenjata, tetapi juga dari kekuatan pemikiran dan organisasi berbasis nilai.
Unduhan
Referensi
Astuti, W. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Wilayah Pedesaan dan Perkotaan di Kabupaten…. Indonesian Journal of History Education. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?cites=13706966885220799454
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah selama pandemi Covid-19. Journal of Education Research. Retrieved from https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/45
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (2017). Naturalistic inquiry. Sage publications.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nugraha, H. R. P. (2017). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Purwosari. Retrieved from https://repository.um.ac.id/54954/
Nurjannah, N., & Aci, N. O. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Keagamaan. Retrieved from http://36.93.48.46/index.php/foramadiahi/article/view/144
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice. Sage publications.
Pramartha, I. N. B., & Parwati, N. P. Y. (2020). Pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah. Widyadari. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/917
Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik melalui pembelajaran sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun …. Indonesian Journal of History. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/201438379.pdf
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. Sage publications.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Suaidah Lubis, Salman Al Paris Sormin, Siti Maryam Pane

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.