Peran Guru Sejarah dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sibabangun
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i2.524Kata Kunci:
guru sejarah, nasionalisme, pendidikan karakter, pembelajaran sejarah, siswa SMAAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sejarah dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sibabangun. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah memainkan peran sentral sebagai pendidik sekaligus pembimbing dalam menginternalisasi nilai-nilai nasionalisme melalui pembelajaran sejarah yang kontekstual dan reflektif. Guru tidak hanya menyampaikan fakta sejarah, tetapi juga mengarahkan siswa untuk memahami nilai perjuangan, cinta tanah air, dan pentingnya persatuan bangsa. Meskipun masih ditemukan kendala seperti rendahnya kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan kebangsaan dan pengaruh negatif lingkungan luar, guru tetap menunjukkan komitmen dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme secara konsisten. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara sekolah, guru, dan lingkungan sosial dalam membangun karakter kebangsaan siswa secara menyeluruh.
Unduhan
Referensi
Klismen, Juli Adek, Kaksim, and Meldawati. 2021. “PERANAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN WAWASAN KEBANGSAAN PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 12 SIJUNJUNG.” Jurnal Horizon Pendidikan 1(4):667–75.
Lickona, Thomas. 1996. “Eleven Principles of Effective Character Education.” Journal of Moral Education 25(1):93–100.
Loliyana, Nilan. 2018. “Profesionalisme Guru Membangun Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah.” KATA PENGANTAR 125.
Miles, M. B., A. M. Huberman, and J. Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Ricklefs, M. C., and M. S. Nugraha. 2008. Sejarah Indonesia Modern 1200–2008. Serambi Ilmu Semesta.
Rulianto, and Febri Hartono. 2018. “Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter.” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial 4(2):127–34.
Santosa, Yusuf Budi Prasetya, Wildhan Maulana, and Djono Djono. 2025. “Penguatan Nilai Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural Pada Pembelajaran Sejarah Jenjang SMA.” Jurnal Artefak 12(1):93–106.
Waedoloh, Husen, Hieronymus Purwanta, and Suryo Ediyono. 2022. “Peran Guru Sejarah Untuk Menanamkan Sikap Nasionalisme Di Era Globalisasi.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series 5(3):151. doi: 10.20961/shes.v5i3.59311.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Yuyun Purnama Gultom, Siti Maryam Pane, Mukhlis Lubis

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.