Peran Guru Sejarah dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sibabangun

Penulis

  • Yuyun Purnama Gultom Universitas Graha Nusantara
  • Siti Maryam Pane Universitas Graha Nusantara
  • Mukhlis Lubis Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i2.524

Kata Kunci:

guru sejarah, nasionalisme, pendidikan karakter, pembelajaran sejarah, siswa SMA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sejarah dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sibabangun. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah memainkan peran sentral sebagai pendidik sekaligus pembimbing dalam menginternalisasi nilai-nilai nasionalisme melalui pembelajaran sejarah yang kontekstual dan reflektif. Guru tidak hanya menyampaikan fakta sejarah, tetapi juga mengarahkan siswa untuk memahami nilai perjuangan, cinta tanah air, dan pentingnya persatuan bangsa. Meskipun masih ditemukan kendala seperti rendahnya kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan kebangsaan dan pengaruh negatif lingkungan luar, guru tetap menunjukkan komitmen dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme secara konsisten. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara sekolah, guru, dan lingkungan sosial dalam membangun karakter kebangsaan siswa secara menyeluruh.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Klismen, Juli Adek, Kaksim, and Meldawati. 2021. “PERANAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN WAWASAN KEBANGSAAN PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 12 SIJUNJUNG.” Jurnal Horizon Pendidikan 1(4):667–75.

Lickona, Thomas. 1996. “Eleven Principles of Effective Character Education.” Journal of Moral Education 25(1):93–100.

Loliyana, Nilan. 2018. “Profesionalisme Guru Membangun Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah.” KATA PENGANTAR 125.

Miles, M. B., A. M. Huberman, and J. Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Ricklefs, M. C., and M. S. Nugraha. 2008. Sejarah Indonesia Modern 1200–2008. Serambi Ilmu Semesta.

Rulianto, and Febri Hartono. 2018. “Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter.” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial 4(2):127–34.

Santosa, Yusuf Budi Prasetya, Wildhan Maulana, and Djono Djono. 2025. “Penguatan Nilai Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural Pada Pembelajaran Sejarah Jenjang SMA.” Jurnal Artefak 12(1):93–106.

Waedoloh, Husen, Hieronymus Purwanta, and Suryo Ediyono. 2022. “Peran Guru Sejarah Untuk Menanamkan Sikap Nasionalisme Di Era Globalisasi.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series 5(3):151. doi: 10.20961/shes.v5i3.59311.

Unduhan

Diterbitkan

29-07-2022

Cara Mengutip

Gultom, Y. P., Pane, S. M., & Lubis, M. (2022). Peran Guru Sejarah dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sibabangun. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 2(2), 87–93. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i2.524

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.