Perbandingan Hasil Belajar IPA Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Dan Model Pembelajaran Konvensional Di SMP Negeri 6 Padangsidimpuan
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v2i1.99Kata Kunci:
Cooperative Learning script, Pembelajaran Konvensional, Hasil BelajarAbstrak
Peningkatan kualitas pembelajaran dalam dunia Pendidikan seharusnya mengalami peningkatan dalam kualitas pembelajaran baik dari segi penguasaan materi maupun dari segi metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Salah satu upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran adalah bagaimana penyusunan skenario kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbandingan hasil belajar IPA terpadu dengan.menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe script dan model konvensional. Quasy Eksperiment adalah metode penelitian dalam penelitian ini dengan instrumen tes hasil belajar dan instrumen observasi kegiatan proses pembelajaran siswa di kelas. Hasil dari analisis observasi menunjukkan aktivitas pembelajaran siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan aktivitas pembelajaran siswa pada kelas kontrol. Penelitian ini menyarankan para guru agar menggunakan model cooperative script dalam proses pembelajarannya di kelas agar proses pembelajaran di kelas lebih menyenangkan dan berimbas pada peningkatan hasil belajar dan menciptakan proses pembelajaran siswa lebih menyenangkan.
Unduhan
Referensi
Fardila, E. (2014). Pengaruh Strategi Cooperative Script dengan Media Gambarterhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTS Al-Raisiyah Sekarbela Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 76–81.
Harahap, D. G. S. (2019). efektivitas metode inkuiri dalam pembelajaran biologi materi sistem pencernaan manusia kelas xi sma negeri 4 padangsidimpuan. jurnal education and development, 7(1), 152.
Heriyanto. (2013). Jurnal pengajaran MIPA. Balai Pustaka.
Lie, A. (2002). Cooperative Learning: Mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Grasindo.
Negeri, S. D., & Hilir, T. (2018). Pendidikan dan Pengajaran. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(1).
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto, & Sunarni. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik : Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Prestasi Pustaka.
Yamin, M. (2004). Strategi pembelajaran berbasis kompeten. Gaung Persada Press.
Z, Z. (2006). Ilmu pendidikan: pengantar dan dasar-dasar pelaksanaan pendidikan. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Kasmawati, Dharma Gyta Sari Harahap
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.