Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah melalui Media Online di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus di SMA Negeri 2 Siabu
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i2.523Kata Kunci:
kemandirian belajar, pembelajaran daring, sejarah, media onlineAbstrak
termasuk di Indonesia, dengan diterapkannya pembelajaran jarak jauh secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis tingkat kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah selama masa pandemi di SMA Negeri 2 Siabu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran daring tetap berlangsung, sebagian besar siswa belum mampu menunjukkan kemandirian belajar secara optimal. Hambatan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan akses internet, kurangnya perangkat digital, serta rendahnya motivasi belajar mandiri. Guru telah berusaha menyesuaikan metode pengajaran melalui media online seperti WhatsApp dan Google Classroom, namun interaksi yang terbatas berdampak pada minimnya pemahaman konseptual siswa terhadap materi sejarah. Temuan ini mengindikasikan perlunya strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan kolaboratif, serta dukungan teknologi yang merata agar pembelajaran daring dapat efektif dan membangun budaya belajar mandiri di kalangan siswa.
Unduhan
Referensi
Creswell, John W. 2020. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Higher Ed.
Fauzi, Irfan, and Iman Hermawan Sastra Khusuma. 2020. “Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Conditions.” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan 5(1):58–70. doi: 10.25217/ji.v5i1.914.
Firman, Firman, and Sari Rahayu. 2020. “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 2(2):81–89. doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.
Ningtiyas, Putri Wahyu, and Jun Surjanti. 2021. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(4):1660–68. doi: 10.31004/edukatif.v3i4.630.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Wiriani, Wayan Tunti. 2021. “PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 2(1):57–63. doi: 10.33365/ji-mr.v2i1.436.
Yusqor Okamura, Mardino. 2024. “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SEJARAH BERBASIS VIDEO MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI.” Pendidikan Sejarah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Irwan Saputra, Cipto Duwi Priyono, Muhammad Yusuf Ritonga

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.