Pelatihan Power Point Sebagai Bahan Ajar Berbasis Game Sederhana Bagi Anggota Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Kota Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v2i3.215Kata Kunci:
Power Point, power point, game sederhana, bahan ajar, Bahan AjarAbstrak
Kemampuan Guru TK untuk menguasai berbagai teknologi informasi bagi pembelajaran saat ini sangat diperlukan. Salah satu keterampilan yang penting adalah mengemas bahan ajar dalam bentuk game sederhana, karena anak-anak usia TK tentulah sangat menyukai game. Power Point adalah aplikasi dari Microsoft yang dapat digunakan untuk merancang bahan ajar dalam bentuk game sederhana. Pelatihan ini diselenggarakan dengan peserta dari Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) di Kota Yogyakarta. Sasaran dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan Guru TK untuk mengemas bahan ajar yang menarik menggunakan aplikasi Power Point. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, demo pembuatan game sederhana dan praktek pembuatan game. Evaluasi dilakukan dengan kuesioner pasca pelatihan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat berguna bagi para guru dalam menyiapkan bahan ajar yang menarik. Peserta 86,4% merasa puas dan 89% menjawab bahwa pelatihan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Unduhan
Referensi
Dedy. (2021). Guru Harus Kuasai Teknologi dalam Mengajar. UNIY Page. https://www.uny.ac.id/id/berita/guru-harus-kuasai-teknologi-dalam-mengajar
Fajri, Z., Febriliana, I., Riza, D., Azizah, H., Sofiana, Y., Andila, A., & Pembelajaran, M. (2022). Pendampingan Guru Paud Al Muhaimin Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva. Dimastek(Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Teknologi), 2(2), 19–31.
Faraaz. (2021). Cara Membuat Game Sederhana Menggunakan Power Point. Inwepo.Co. https://inwepo.co/cara-membuat-game-sederhana-menggunakan-power-point/
Hayati, R., & Sari, D. N. (2022). Pkm pemanfaatan teknologi informasi pada proses pembelajaran daring untuk anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2022, 382–384.
Huba. (2018). Guru Harus Akrab dengan Teknologi. Pasundan ekspres.Co. https://www.pasundanekspres.co/jabar/subang/guru-harus-akrab-dengan-teknologi/
Kurnia, R., Solfiah, Y., Pernantah, P. S., & Rusandi, M. A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Guru PAUD Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Mekatronik Improving the Storytelling Ability of PAUD Teachers Through Mechatronic Technology-Based Learning Media. Journal of Community Engagement Research for Sustainability, 2(4), 170–175.
Miller, S. A. (2015). 20 Cara Seru Mengenalkan Angka pada Anak. Www.Ayahbunda.Co.Id. https://www.ayahbunda.co.id/balita-tips/20-cara-seru-mengenalkan-angka-pada-anak
Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283
Nuraeni, M. H. L. F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai SUmber Belajar bagi Guru PAUD.
Setyawan, A., Praherdhiono, H., & Sulthoni. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. Jinotep (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 1(1), 39–44.
Singgih, K., Sukiyanto, S., Irfan, M., Amalia, A. F., Pusporini, W., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2022). Peningkatan Literasi Digital Guru Guna Mengatasi Permasalahan Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–34. https://doi.org/10.31943/abdi.v4i1.50
Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Inform, 1(1), 1–8.
Zubaedah, N. (2020). Guru PAUD Perlu Pelatihan Teknologi Infomasi. SindoNews.Com. https://metro.sindonews.com/read/45709/171/guru-paud-perlu-pelatihan-informasi-teknologi-1590411910
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Amir Hamzah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.