Pengembangan Keterampilan Kewirausahaan Digital Mahasiswa UM-Tapsel melalui Pelatihan Intensif di Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.55266/pkmradisi.v4i2.426Kata Kunci:
Kewirausahaan Digital, Kesiapan Berwirausaha, Revolusi Industri 4.0, E-commerce, Media Sosial.Abstrak
Program "Pelatihan Kewirausahaan Digital" dirancang untuk meningkatkan literasi kewirausahaan digital dan kesiapan berwirausaha di kalangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS). Pelatihan berlangsung selama tiga hari, melibatkan 30 peserta, dengan metode pembelajaran yang mencakup sesi interaktif, studi kasus, praktik langsung, diskusi kelompok, dan simulasi bisnis. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan rata-rata skor pre-test dan post-test sebesar 25,6%, mencerminkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan peserta. Evaluasi proyek mengindikasikan bahwa mayoritas peserta berhasil mengembangkan rencana bisnis digital yang komprehensif dan realistis. Feedback dari peserta juga menunjukkan kepuasan yang tinggi terhadap materi, fasilitator, dan metode pelatihan. Namun, beberapa peserta memerlukan pendampingan lebih lanjut untuk menyempurnakan rencana bisnis mereka. Secara keseluruhan, program ini berhasil mencapai tujuannya dan dapat dijadikan model untuk pelatihan serupa di masa mendatang, guna mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan dan peluang di era digital.
Unduhan
Referensi
Hamburg, I., O’brien, E., & Vladut, G. (2019). Entrepreneurial learning and AI literacy to support digital entrepreneurship. Balkan Region Conference on Engineering and Business Education, 3(1), 132–144.
Hardiyanto, L. (2018). Motivasi Mahasiswa Menjadi Start Up Digital Entrepreneur: Technopreneurship. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 10(1), 1–15.
Kraus, K., Kraus, N., & Shtepa, O. (2021). Teaching guidelines for digital entrepreneurship.
Kumar, K., Zindani, D., & Davim, J. P. (2019). Industry 4.0: developments towards the fourth industrial revolution. Springer.
Misnawati, M., & Yusriadi, Y. (2018). Efektifitas pengelolaan kewirausahaan berbasis kognitif personal melalui penggunaan infrastruktur digital (Media Sosial). Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 138–145.
Suleman, A. R., & Siregar, M. N. H. (2024). Pengaruh Literasi Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa di Era Digital: Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UMTS. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(2 SE-), 69–80. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i2.421
Taher, G. (2021). Industrial Revolution 4.0 in the construction industry: Challenges and opportunities. Management Studies and Economic Systems, 6(3/4), 109–127.
Thamdzir, M., Maldin, S. A., & Lubis, T. B. U. (2023). Pelatihan Dasar Entrepreneuship Di Era Digital Kepada Siswa-Siswi SMAK Yos Sudarso Kota Batam. Jurnal Keker Wisata, 1(2), 188–200.
Usoro, E. B. (2010). Developing human resources in tertiary business education for youth empowerment and national development in Nigeria. Review of Higher Education in Africa, 2(1).
Widyanti, R., & Rajiani, I. (2021). Nascent entrepreneurs of millennial generations in the emerging market of Indonesia. Entrepreneurial Business and Economics Review, 9(2), 151–165.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Abdul Rahman Suleman, Muhammad Noor Hasan Siregar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.