Pelatihan Entrepreneurship Untuk UMKM dan Pasar Elektornik Di Kecamatan Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan

Penulis

  • Muhammad Noor Hasan Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Novita Aswan Universitas Graha Nusantara
  • Ferawati Artauli Hasibuan Universitas Graha Nusantara
  • Hery Dia Anata Batubara Universitas Graha Nusantara
  • Yusra Fadhillah Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i3.132

Abstrak

Pelatihan entrepreneurship untuk UMKM dan pasar elektronik di Kecamatan Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha pelaku UMKM agar memberikan kontirbusi yang signifikan terhadap penciptaan lapangan kerja, peningkatan ekspor dan daya saing melalui keterampilan masyarakat tentang strategi beriwrausaha dengan memanfaatkan pasar elektronik (e-commerce). Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Hutaraja Kecamatan Muara Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan yang diikuti oleh 45 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM, Karang Taruna dan Penggiat Media Sosial. Dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini akan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pasar elektronik sekaligus menumbuhkan jiwa entrepreneurship serta hasil usaha yang dipasarkan di pasar elektronik. Metode yang digunakan dalam kegatan pengabdian masyarkat ini adalah melakukan pelatihan, diskusi hingga praktek yang berkaitan dengan pengembangan kewirausahaan bagi pelaku UMKM.  Hasil dari kegiatan ini adalah para peserta lebih mengetahui tentang bagaimana cara mengembangkan usaha UMKM  agar dapat meningkatkan perkembaangan perekonomian masyarakat desa

Kata Kunci:

Entrepreneurship, UMKM, Pasar Elektronik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Farell, Geovanne, Thamrin Thamrin, dan Igor Novid. 2019. “Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto.” Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 19(1): 42.

Febriandirza, Arafat, Faldy Irwiensyah, Firman Noor Hasan, dan Prastika Indriyanti. 2021. “Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dan Manajemen Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM dengan menggunakan Aplikasi Google My Business.” Jurnal SOLMA 10(10): 224–31. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/6514.

Febriyantoro, Mohamad Trio et al. 2019. “Pelatihan Kewirausahaan dan Peningkatan Kualitas Manajemen dan Tata Kelola Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Lingkungan PKK Tiban Global Batam.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2): 271–79.

Rachman, Tahar. 2018. “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 04(01): 10–27.

Unduhan

Diterbitkan

05/26/2022

Cara Mengutip

Siregar, M. N. H., Aswan, N., Hasibuan, F. A., Batubara, H. D. A. ., & Fadhillah, Y. (2022). Pelatihan Entrepreneurship Untuk UMKM dan Pasar Elektornik Di Kecamatan Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 49–55. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i3.132

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama