Pembuatan Waterflow Otomatis Untuk Mempermudah Pengairan Rumah Pangan

Penulis

  • Sarhan Universitas Riau
  • Asriezza Geuthena Rahman Universitas Riau
  • Rudiando Manurung Universitas Riau
  • Shofiyah Nabila Annur Universitas Riau
  • Nadine Prameswari Universitas Riau
  • Nindy Putri Amalia Universitas Riau
  • Rima Farahdina Universitas Riau
  • Rifa Khalisha Humairah Universitas Riau
  • Gabrielle Havana Putri Universitas Riau
  • Fadhilah Sukma Arini Universitas Riau
  • Yustina Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i1.321

Abstrak

Upaya adaptasi dalam Program Kampung Iklim (PROKLIM) salah satunya adalah ketahanan pangan dan pengendalian perkembangan tanaman agar lebih efektif. Komplek Beringin Indah memiliki potensi desa berupa tanaman yang didominasi oleh beberapa tanaman seperti bayam Brazil dan ubi yang baik manfaatnya bagi kesehatan. Namun ada keluhan dari mitra mengenai perawatan tanaman dengan media penyiraman untuk memecahkan masalah ini maka dibuatlah aliran air (Waterflow). Waterflow ini dibuat untuk mempermudah angota KWT dalam upaya merawat tanaman. Kegiatan awal adalah pengumpulan dan pertimbangan pembutan aliran waterflow dengan sumur bor menggunakan pompa dan sensor Arduino. Berbagai pertimbangan pada pemasangan sumur bor seperti biaya operasional, biaya pemeliharaan, biaya pemasangan, Keamanan dan sistem kontrol menjadi kendala. Karena hal tersebut pemasangan aliran waterflow tidak direalisasikan sesuai rencana, sehingga direalisasikan rencana kedua dengan mengambil sumber air dari rumah ketua KWT dan dibuat aliran kerumah pangan dengan menggunakan metode pemasangan pipa yang sesuai dengan skema disambungkan dengan elbow, tee dan lem pipa. Monitoring perbandingan kualitas pertumbuhan tanaman sebelum dan sesudah waterflow. Ketercapaian target, dengan sudah terbangunnya waterflow ini perkembangan tanaman jadi lebih baik sehingga KWT bisa menghasilkan tanaman yang dari segi kuantitas maupun tampilan yang berkualitas sehingga produk KWT dapat dikonsumsi dan bersaing didunia pasar.

Kata Kunci:

Waterflow , Arduino, pengairan rumah pangan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Boro Tura, T., & Surgiarti, E. (2020). Penyuluhan Wirausaha untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga dengan Daur Ulang Barang Bekas Desa Mekarsari Kabupaten Bogor. BAKTIMAS Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2).

Desmarina, R., & Widodo, W. D. (n.d.). Respon Tanaman Tomat terhadap Frekuensi dan Taraf Pemberian Air terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Tomat.

Felania, C. (2017). PENGARUH KETERSEDIAAN AIR TERHADAP PERTUMBUHAN KACANG HIJAU (Phaceolus radiatus). In Fakultas MIPA.

Nurdiana, A., Rahma, S., & Witriyoga, O. (2021). Kajian Sistem Drainase Di RT 01/RW 03 Kelurahan Banyumanik, Kecamatan Banyumanik Kota Semarang.

Sundari, S. (2022). Instalasi Alat Penyiram Tanaman Otomatis Pada Pengabdian Masyarakat Di Wisata Umbul Helau Lampung. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 3(2). https://doi.org/10.26874/jakw.v3i2.255

Wahyuni, T., Ferga Prasetyo, T., Marisa, S., & Majalengka, U. (2022). PENGEMBANGAN PROTOTIPE SISTEM SALURAN AIR OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR HC-SR 04 BERBASIS ANDROID DI DESA KERTAJATI MAJALENGKA. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 312–326. https://doi.org/10.31949/jb.v3i3.2221

Yuniati, S. (2019). Pengaruh Intensitas Penyiraman Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Cabai Rawit ( Capsicunfrutescens L .) Influence The Intensity of Watering Towards Growth and The Production of Pepper Plants ( Capsicun frutescens L .). 5(2), 45–52.

Unduhan

Diterbitkan

01/15/2024

Cara Mengutip

Sarhan, Rahman, A. G., Manurung, R., Annur, S. N., Prameswari, N. ., Amalia , N. P., Farahdina, R., Humairah, R. K., Putri, G. H., Arini, F. S., & Yustina. (2024). Pembuatan Waterflow Otomatis Untuk Mempermudah Pengairan Rumah Pangan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i1.321

Terbitan

Bagian

Artikel