Pengolahan Sampah Organik Dalam Upaya Membantu Petani Dalam Manajemen Modal

Penulis

  • Ulidesi Siadari Universitas Graha Nusantara
  • Wisnu Yusditara Universitas Graha Nusantara
  • Emirza Henderlan Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Pertama Yul Asmara Pane Universitas Graha Nusantara
  • Ade Maya Mei Shanty Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i4.156

Abstrak

Sampah merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan. Setiap aktivitas yang terjadi akan menghasilkan sampah. Sampah ada dua jenis yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah dapat dikelola kembali dengan menerapkan 3 hal yaitu reuse, reduce, recycle. Proses pengelolaan sampah menerapkan sistem manajemen dimulai dari  sampah terlebih dahulu dipilah menjadi sampah organik dan sampah anorganik. Pengabdian ini dilakukan dengan pengelolaan sampah organik dalam upaya membantu petani dalam manajemen modal. Pengelolaan sampah organik menjadi pupuk kompos dilakukan secara anaerob menggunakan EM4. Pengolahan sampah organik secara anaerob merupakan pengubahan sampah organik secara tertutup atau tanpa udara. Masalah yang terjadi dikalangan petani saat ini adalah kurangnya modal. Kurangnya modal tersebut sangat membebani petani karena subsidi pupuk telah dikurangi oleh pemerintah. Berkurangnya subsidi pupuk anorganik oleh pemerintah sangat memberatkan petani dalam menjalankan usahataninya. Petani dituntut untuk menambah modal dalam melakukan usahatani. Kondisi sekarang ini mendorong petani untuk mampu melakukan manajemen terhadap modal yang dimiliki. Modal memiliki banyak bentuk, salah satunya adalah modal uang yang digunakan petani dalam membeli pupuk. Penggunaan pupuk anorganik dapat diganti dengan pupuk organik atau digunakan secara bersamaan sehingga dapat mengurangi biaya dalam usahatani dengan demikian maka pengelolaan sampah organik menjadi pupuk kompos membantu petani dalam manajemen modal.

Kata Kunci:

sampah organik, manajemen, modal, anaerob

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bachtiar B dan Ahmad A. (2019) Analisis Kandungan Kompos Johar Cassia siamea dengan Penambahan Aktivator Promi. BIOMA:JURNAL BIOLOGI MAKASSAR, 4(1), 68-76.

Ginting, Mitha. (2018) Peranan Modal Kerja dalam Meningkatkan Profitabilitas. STIE LMII MEDAN: Jurnal Manajemen, 4(2), 187-196.

Munawir. (2004) Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Penerbit Liberty.

Prihmantoro, heru. (2007) Memupuk Tanaman Sayur. Jakarta: Penebar Swadaya. Pustaka.

Sulastri, Lilis. (2012) Manajemen: Sebuah Pengantar sejarah, tokoh, teori dan Praktik. La Goods Pulishing: Bandung.

Unduhan

Diterbitkan

07/30/2022

Cara Mengutip

Siadari, U., Yusditara , W. ., Harahap , E. H., Pane , P. Y. A., & Shanty , A. M. M. . (2022). Pengolahan Sampah Organik Dalam Upaya Membantu Petani Dalam Manajemen Modal. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 100–104. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i4.156

Terbitan

Bagian

Articles