Sosialisasi Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Aplikasi Wizer.Me di MTs/MA Al-Karim Desa Sari Galuh
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i1.328Kata Kunci:
Sosialisasi, Lembar Kerja Peserta Didik, Wizer.me, InteraktifAbstrak
Permasalahan yang dihadapi para guru di MTs/MA Al-Karim yaitu belum banyak mengetahui bagaimana membuat lembar kerja peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dan guru masih menggunakan lembar kerja cetak. Tujuan dari pengabdian ini adalah guru bisa menyusun e-lkpd interaktif yang berbasis aplikasi sehingga mendukung proses pembelajaran di kelas. Metode yang dilakukan pada kegiatan pengabdian yaitu demonstrasi. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yang diawali dengan sosialisasi mengenai manfaat e-lkpd interaktif dengan aplikasi Wizer.me bagi pengguna. Lalu dilanjutkan hari kedua dengan praktik membuat e-lkpd menggunakan aplikasi Wizer.me. Berdasarkan pengamatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan berjalan lancar dan kondusif melihat jumlah guru dan tim pengabdian yang memadai. Tingkat ketercapaian keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat ini diukur melalui respon dan antusiasme guru selama kegiatan praktik berlangsung. Harapan dari pengabdian ini adalah guru memiliki kemampuan dalam pengembangan e-lkpd interaktif sehingga dapat membantu dalam proses pembelajaran serta menambah keaktifan siswa untuk belajar secara mandiri.
Unduhan
Referensi
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Indonesian Journal Of Education (INJOE), 2(1), 64–73.
Kopniak, N. B. (2018). The Use of Interactive Multimedia Worksheets at Higher Education Institution. Journak Technologies and Learning Tools, 63(1), 116–129.
Maryono, & Pamela, I. S. (2021). Pelatihan Pembelajaran Aktif Secara Daring melalui Lembar Kerja Peserta Didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Singkut. Jurnal Publikasi Pendidikan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(12), 141–145.
Musthafa, A., Hamdani, A. S., & Soraya, I. (2023). Development Of PAI Learning Devices Using The STAD-Type Cooperative Model Based On The Wizer.me Application To Improve Student Confidence. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1).
Nasution, E. A. (2020). Developing Digital Worksheet by Using Wizer.me for Teaching Listening Skill to the Tenth Grade Students in SMK Negeri 7 Medan. Universitas Negeri Medan.
Ristawati. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sinja. UNM Makasar.
S., Aini, N., Suryowati, E., Studi Pendidikan Matematika, P., PGRI Jombang, S., & Timur, J. (2023). Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Siswa Dengan Wizer.Me Di Sdn Darurejo I Pelandaan Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2).
Sobri, M., Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Amrullah, L. W. Z. (2023). Pemanfaatan Website Wizer Me untuk Mengembangkan E-LKPD Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22–29.
Utari, T., Hobri2, & Ervin Oktavianingtyas. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Matematika Berorientasi Scientific Approach Untuk Menumbuhkan Kemampuan Higher Order Thinking (Hot) Pokok Bahasan Persamaan Lingkaran Pada Siswa Sma Kelas Xi. Kadikma, 8(2), 13–23.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mayta Novaliza Isda, Adil Azzahwantara, Rafi Shadiq Alvi, Pangeran Saud Fransisco, Oriza Athalia Ronald, Ariya Permata, Laura Aprilia Ayu Kusuma Wahyu Priyadika, Meutia Hanum, Chica Ollivia Fibrianti, Isra Fariza
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.