Seminar Nasional Menggali Potensi Diri Membentuk Karakter Anak Yang Kreatif Melalui Proses Pendidikan Di Sekolah Dasar Swasta Muhammadiyah Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i5.443Kata Kunci:
Kreatif, Karakter, SeminarAbstrak
Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) merupakan suatu bentuk kegiatan akademis yang dilaksanakan oleh mahasiswa dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Melalui pengabdian ini, mahasiswa diberikan pengalaman untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat serta memberikan kontribusi dalam mengatasi permasalahan yang ada di tengah tengah masyarakat. Sebagai bagian dari pengabdiannya, mahasiswa KUKERTA Universitas Riau menyelenggarakan seminar nasional untuk mengembangkan karakter dan potensi anak-anak di desa Lambang Sari I, II, III. Seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan strategi kepada guru, orang tua, serta tenaga pendidik lainnya tentang bagaimana cara mengembangkan potensi dan karakter kreatif anak-anak di desa Lambang Sari I, II, III. Dengan melibatkan diskusi bersama narasumber yang pakar dalam bidang pendidikan, seminar ini menekankan peran penting guru dalam meningkatkan kreativitas dan membimbing anak-anak untuk menjadi individu berkarakter kuat. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan pendidikan yang menggabungkan nilai-nilai agama, kreativitas, dan budaya lokal sangat efektif dalam membentuk karakter anak yang kreatif dan berakhlak baik. Selain itu, seminar ini juga menyoroti pentingnya kerjasama antara sekolah dan orang tua dalam memfasilitasi pengembangan potensi anak secara optimal.
Unduhan
Referensi
Aam Amaliyah, Azwar Rahmat. “Pengembangan Potensi diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan.” Journal of Elementary Education, Vol. 5 (1), Juni 2021
Adpriyadi, Adpriyadi, and Sudarto Sudarto. "Pola Asuh Demokratis Orang Tua dalam Pengembangan Potensi Diri dan Karakter Anak Usia Dini." Vox Edukasi, vol. 11, no. 1, 29 Apr. 2020, doi:10.31932/ve.v11i1.572.
Ali Muhsin. “Internalisasi Nilai Akhlakul Karimah Dalam Membentuk Karakter Anak.” Insania, Vol. 25, No. 2, Juli-Desember 2020
Hartono, Soesanti Harini. (2020). Cara Mudah Mengenali Bakat Anak. Diakses pada 31 Maret 2021, dari https://health.grid.id/read/352321872/7-cara-mudah-mengenali-bakat-anak-bantu-tumbuh-kembang-optimal?page=all
Masni, H. (2018). Urgensi Pendidikan dalam Mengembangkan Potensi Diri Anak. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8 (2), 275-286.
Melda, W., Dede, A., M, Abid., & Hira, M. (2022). Menggali potensi diri membentuk karakter yang kreatif pada anak-anak. Dedikasi PKM UNPAM, 3(1), 25-29.
Nasution, Nur Kholidah. (2020). Problematika Dan Solusi Dalam Perkembangan Anak Usia Dini (Aud) Di Tk Aisyiyah Busatanul Athfal Sapen Yogyakarta. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1 (1) E-Issn: 2721-0685.
Zubaedi. 2011. Desain pendidikan karakter. Jakarta: Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Reyhan Exsa Kurniawan, Khevin Agna Satria, Na’imah, Saffana Kiyasa Putri, Rialdi, Aini Wilanda, Fairuza Salsabila Ahmad, Puti Qamara Johni, Nurliyanti Rahma, Prisko Ivan Savanger Hasugian, Hendri Marhadi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.