Membangun Lingkungan Belajar Yang Berkelanjutan Dan Kreatif Di SMA Swasta Yapim Taruna Stabat

Penulis

  • Dame Ifa Sihombing Universitas HKBP Nommensen
  • Yuli Pambreni Br. Sipayung Universitas HKBP Nommensen
  • Christin Geovani Purba Universitas HKBP Nommensen
  • Juleha Br. Tarigan Universitas HKBP Nommensen
  • Nurhayati Gulo Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i2.503

Kata Kunci:

Pengabdian kepada Masyarakat, Lingkungan Belajar Berkelanjutan, Kreativitas, SMA Swasta Yapim Taruna Stabat

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membangun lingkungan belajar yang berkelanjutan dan kreatif di SMA Swasta Yapim Taruna Stabat. Program ini dilatarbelakangi oleh minimnya aktivitas kreatif siswa serta dominasi penggunaan gadget yang menghambat interaksi sosial dan inovasi dalam pembelajaran. Kegiatan PKM ini melibatkan berbagai program, seperti kewirausahaan, hari tanpa gadget di kelas, kebersihan perpustakaan, dan pojok baca (pojok literasi). Metode pelaksanaan PKM mencakup observasi awal, penyusunan program kerja, serta implementasi berbagai kegiatan yang berlangsung selama satu bulan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam memanfaatkan sumber daya yang tersedia, peningkatan kesadaran terhadap kebersihan lingkungan sekolah, serta peningkatan interaksi sosial melalui kegiatan literasi dan wirausaha. Kesimpulannya, kegiatan PKM ini berhasil memberikan dampak positif terhadap lingkungan belajar di SMA Swasta Yapim Taruna Stabat. Saran untuk keberlanjutan program ini adalah perlunya pemantauan dan pendampingan lebih lanjut agar hasil yang dicapai dapat terus berkembang dan memberikan manfaat jangka panjang bagi siswa dan sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dhitasarifa, D., Laelasari, E., & Nugraha, A. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik pada Pembelajaran Abad 21.

Opinia.id. (2024). Kreativitas dan Inovasi dalam Pendidikan: Bagaimana Kreativitas Mendorong Metode Pengajaran.

Sari, R., & Nugroho, A. (2023). Gerakan Melestarikan Lingkungan Sambil Belajar: Meningkatkan Minat Baca dan Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Inspiratif. Jurnal Dirandra, 5(2), 150-156.

Suryani, T., & Wijaya, H. (2018). Paradigma Baru Pengabdian Kepada Masyarakat yang Berkelanjutan: Pendekatan Triple Helix, Quadruple Helix, dan Quintuple Helix. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 45-53.

Tim PKM Universitas Hamka. (2023). Mendorong Kreativitas dan Kewirausahaan di Kalangan Siswa SMK Melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat. Laporan PKM Universitas Hamka.

Unduhan

Diterbitkan

03/31/2025

Cara Mengutip

Sihombing, D. I., Br. Sipayung, Y. P., Purba, C. G., Br. Tarigan, J., & Gulo, N. (2025). Membangun Lingkungan Belajar Yang Berkelanjutan Dan Kreatif Di SMA Swasta Yapim Taruna Stabat. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 77–85. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i2.503

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.