Pelatihan Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di MAS YPKS Padangsidimpuan

Penulis

  • Abdul Rahman Suleman Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Yuswin Harputra Universitas Graha Nusantara
  • Fitri Romaito Lubis Universitas Graha Nusantara
  • Yulia Rizki Ramadhani Universitas Graha Nusantara
  • Muhammad Noor Hasan Siregar Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i5.488

Kata Kunci:

manajemen kelas, pelatihan guru, keterlibatan siswa, pembelajaran efektif

Abstrak

Pengelolaan kelas merupakan keterampilan fundamental yang harus dikuasai guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MAS YPKS Padangsidimpuan dalam mengelola kelas melalui pelatihan dan pendampingan intensif. Program dilaksanakan dalam empat tahap: analisis kebutuhan, pelatihan intensif, pendampingan implementasi, serta monitoring dan evaluasi. Metode yang digunakan meliputi workshop interaktif, simulasi, praktik, dan pendampingan berkelanjutan. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan dalam empat aspek utama: pengetahuan manajemen kelas meningkat hingga 82% (target 75%), keterampilan pengelolaan kelas mencapai 73% (target 70%), keterlibatan siswa dalam pembelajaran meningkat hingga 85% (target 80%), dan penurunan masalah perilaku di kelas sebesar 65% (target 50%). Program ini berhasil memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAS YPKS Padangsidimpuan dan dapat dijadikan model untuk pengembangan program serupa di sekolah lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bestari, P., Awam, R., Sucipto, E., Marsidin, S., & Rifma, R. (2023). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Papeda; Vol, 5(2).

Cahyaningtyas, D., Wardani, N. S., & Yudarasa, N. S. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar dan sikap kerjasama siswa melalui penerapan discovery learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 59–67.

Izzah, N. N., & Anggoro, B. K. (2024). Inovasi pengelolaan kelas: Strategi meningkatkan disiplin dan keterlibatan peserta didik. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 339–348.

Unduhan

Diterbitkan

09/27/2024

Cara Mengutip

Suleman, A. R., Harputra, Y., Lubis, F. R., Ramadhani, Y. R., & Siregar, M. N. H. (2024). Pelatihan Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di MAS YPKS Padangsidimpuan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 232–237. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v3i5.488

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.