Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Karya Wisata Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jombang

Penulis

  • Isniyatun Niswah Mz Universitas Hasyim Asy'ari
  • Lailatul Qomariyah Universitas Hasyim Asy’ari
  • M. Arif Setyabudi Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i2.504

Kata Kunci:

Pendampingan, Bahasa Arab, Karya Wisata, Lingkungan Belajar Berkelanjutan

Abstrak

Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siwa sekolah dasar atau siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Dimana bahasa Arab merupakan mata pelajaran tersendiri yang disetiap minggu ada. Hal ini menjadi tantantang tersendiri karena pengajaran bahasa Asing adalah pengajaran yang cukup kompleks, salah satunya harus menguasai banyak kosa kata (Mufrodad). Hadirnya pendampingan belajar bahasa Arab yang terfokus pada meningkatkan mufrodad siswa dengan metode karya wisata dan pendekatan PAR, diharapkan bisa memberikan warna lain, gagasan baru serta wawasan baru yang bisa meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa Arab. Hasil dari pengabdian ini  adalah adanya peningkatan penguasaan mufrodad siswa. Para siswa mampu menerapkan mufrodad yang telah dipelajari di kelas dan disekitar lingkungan sekolah, seperti mengenal nama nama benda berbahasa Arab disekitarnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asni Furoida, Pendampingan Belajar Bahasa Arab dengan Metode CTL untuk meningkatkan Mufordad siswa kelas VI di MI baitul Mukmin Wriginagung Jombang Jember, Jurnal an-Nuqthah Vol 04 (01) Mei 2024

Aprida Pane, Belajar dan Pembelajaran, Jurnal : Fitrah Vol 03 (02) Desember 2017

Elly Mustapa, Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Menulis melalui Metode Karya Wisata Kelas IV SDN No.81 Kota tengah Gorontalo, Jurnal Aksara, Vol 07 (03) September 2021

Nikmatus Sakdiah, Problematika Pembelajaran Bahasa arab, Jurnal : Sathar Vol. 1 (01) Mei 2023

Silmy, A. N., Lubis, R. H., Wardani, Y. K., Shara, & Ismahani, A. (2024). Urgensi Metode Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Bagi Penutur Non-Arab). Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 4(2), 368–381. https://doi.org/10.25217/mantiqutayr.v4i2.4423

Zaenudin, U. (n.d.). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Implementasinya untuk Meningkatakan Maharatul Kalam (Vol. 2).

Unduhan

Diterbitkan

03/31/2025

Cara Mengutip

Mz, I. N., Qomariyah, L., & Setyabudi, M. A. (2025). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Karya Wisata Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jombang. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 86–92. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i2.504

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.