Optimalisasi Prestasi Belajar Siswa Melalui Pengenalan Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i6.612Kata Kunci:
Gaya Belajar, Prestasi Belajar, VAKAbstrak
Perbedaan gaya belajar siswa umumnya belum secara optimal dimaksimalkan dalam proses pembelajaran, berdampak pada efektivitas dan capaian akademik siswa. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bertujuan untuk mengenalkan dan mengidentifikasi gaya belajar siswa, yang meliputi tipe visual, auditori, dan kinestetik (VAK), guna mendukung peningkatan prestasi belajar di SMP Negeri 4 Majene. Kegiatan dilaksanakan secara luring dengan melibatkan 20 siswa kelas VII. Metode pelaksanaan mencakup sosialisasi, penyampaian materi tentang gaya belajar, serta pengisian kuesioner identifikasi yang terdiri atas 30 butir pernyataan. Data dianalisis secara deskriptif untuk menentukan kecenderungan gaya belajar masing-masing siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki gaya belajar visual (40%), diikuti oleh auditori (30%) dan kinestetik (15%), sementara sebagian lainnya menunjukkan kombinasi gaya belajar. Informasi ini menjadi dasar bagi guru untuk merancang strategi pembelajaran adaptif dan bervariasi, serta disesuaikan dengan karakteristik siswa. Kegiatan ini juga meningkatkan kesadaran siswa terhadap cara belajar yang paling efektif bagi dirinya. Dengan demikian, pengenalan gaya belajar VAK terbukti berkontribusi dalam mengoptimalkan proses dan hasil belajar siswa di sekolah mitra.Unduhan
Referensi
Aprilia, B. L. K., Jamaluddin, J., Lestari, T. A., & Handayani, B. S. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Pujut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2732–2743. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1065
Badriah, L., & Muniroh, A. (2025). Children’s Learning Styles in Learning Psychology. GAJIE; Global Journal of Islamic Education, 1, 40. https://doi.org/10.58518/gajie.v1i1.3209
De Porter & Mike Hernacki, B. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (S. Meutia, Ed.; A. Abdurrahman, Trans.; 1st ed.). PT Mizan Publika. https://books.google.co.id/books?id=6_Nx2_6T2cAC
Derici, R. M., & Susanti, R. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Guna Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 414. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16903
Ermawati, E., & Usman, A. (2024). Analisis Gaya Belajar Siswa dalam Upaya Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas X2. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.91
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045
Kafita, V., Sulistyowati, D., Kumalasari, E. A., Prasetyaningrum4, K. D., & Amaliyah, F. (n.d.). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Akademik Siswa dalam Pembeljaran Matematika Kelas IV.
Kusumaningsih, W., & Br Ginting, R. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mencapai Standar Proses Pendidikan di SMP. 5(1). https://jurnalp4i.com/index.php/learning
Maharani Arumsari, D. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS. 3(1).
Maryadi, Ulin Ni’am, A., & Pravitasari, D. (2023). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa di Sekolah Dasar. FingeR: Journal of Elementary School, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.30599/finger.v2i1.437
Muhammad, I. (2023). Identifikasi Gaya Belajar Siswa dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar: Analisis pada Tingkat Pendidikan Menengah Atas. 4, 859–870. http://jurnaledukasia.org
Muslimah, N., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 187. https://doi.org/10.33087/phi.v8i1.376
Naufal Ar-Rozaq, M., Dwi Herlambang, A., & Wijoyo, S. H. (2022). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Secara Daring pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan di SMK PGRI 1 Kota Pasuruan (Vol. 6, Issue 7). http://j-ptiik.ub.ac.id
Pradana, A. D., Wahyudin, W., & Putro, B. L. (2025). Determining VAK Learning Styles Using SAW and TOPSIS Methods. Journal of Artificial Intelligence and Software Engineering (J-AISE), 5(1), 14. https://doi.org/10.30811/jaise.v5i1.6293
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Haryanti Putri Rizal, Wahyuni Adam, Ayu Indayanti Ismail

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



