Pemanfaatan Budidaya Ikan Lele Sebagai Sumber Nutrisi Melalui Inovasi Produk Nugget Di RT 15/RW 07, Dusun 4 Desa Air Terbit

Penulis

  • Mayta Novaliza Isda Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau
  • M. Athallah Dzikri Alhady Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau
  • Nia Ivanka Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau
  • Alzira Salsabillah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau
  • Ayu Azhari Fakultas Teknik, Universitas Riau
  • Afragenia Zelfira Fakultas Teknik, Universitas Riau
  • Yulia Rahmi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau
  • Nurhafidha Ramadhani Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Lailani Sabrina Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Muhammad Asyraf Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau
  • Noto Prasetio Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i6.332

Abstrak

Program pengabdian masyarakat yang dilakukan di RT 15/RW 07, Dusun 4, Desa Air Terbit, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, dengan fokus pada pengembangan budidaya ikan lele dan produk nugget ikan lele. Pemberian pelatihan tentang teknik budidaya ikan lele yang efisien dan berkelanjutan, serta edukasi tentang manfaat gizi ikan lele. Selain itu, juga dilakukan edukasi dalam cara mengolah ikan lele menjadi nugget yang lezat dan bergizi. Hasilnya, masyarakat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam budidaya ikan lele. Mereka  lebih menyadari akan manfaat gizi ikan lele dan telah meningkatkan konsumsi ikan lele dalam diet mereka. Produk nugget ikan lele yang dihasilkan oleh masyarakat memiliki kualitas yang baik dan berpotensi sebagai sumber pendapatan tambahan. Program ini juga mempromosikan praktik budidaya yang berkelanjutan dan kesadaran akan perlindungan lingkungan. Kolaborasi antara mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah desa, dan masyarakat sangat penting dalam keberhasilan program ini. Hasil positif dari program ini menunjukkan bahwa pengintegrasian pengetahuan akademik dengan pengabdian kepada masyarakat dapat menciptakan perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dan berkontribusi pada pembangunan lokal yang berkelanjutan. Kesuksesan program ini memberikan inspirasi untuk lebih banyak upaya kolaboratif antara pendidikan tinggi dan masyarakat dalam mengatasi masalah nyata di tingkat lokal. Program ini membuktikan bahwa ketika pengetahuan dan keterampilan disalurkan dengan baik, mereka dapat menjadi alat yang kuat untuk perubahan positif dan kemajuan.

 

Kata Kunci:

Budidaya Ikan Lele, Nugget Ikan, Pengabdian Masyarakat

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amar, M. I., Martana, B., Rizal, R., & Hidayati, A. N. (2022). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Masyarakat Tentang Pengolahan Hasil Budidaya Ikan Lele Melalui Diversifikasi Pada Olahan Ikan Lele. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1340–1348.

Damayanti, A. Y., A’yun, Q., Fatkhiyah, M., Salsabila, N., & Saphira, C. (2023). Pengembangan Dan Pendampingan Pengolahan Ikan Lele Sebagai Peningkatan Ekonomi Dan Gizi Di Gontor Putri. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 161–166.

Efendi, R., Eliza, E., Yuniko, F. T., & Wulandari, R. A. (2023). Pendampingan Inovasi Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Budi Daya Ikan Lele Sebagai Usaha Peningkatan Nilai Ekonomi Hasil Perikanan Pokdakan Rangkiang Farm. Journal Of Human And Education (Jahe), 3(2), 463–469.

Fahana, J., Ma’ruf, F., Khairi, A. N., Hidayah, N., Fitriani, S., Marwa, M. H. M., & Budiyanto, T. (2023). Peningkatan Pengetahuan Peternak Lele Dusun Kembangsari Piyungan Di Yogyakarta Terhadap Marketplace Dan Kemasan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Lppm Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta, 1, 561–572.

Febriani, D. H., & Ns, M. S. (2022). Pelatihan Olahan Lele Sebagai Alternatif Pemberian Makanan Tambahan Sebagai Optimalisasi Gizi Penaganan Balita Stunting Bagi Kader Posyandu Anggrek Bulan 1 Tiyasan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 43–51.

Indrawati, P., & Purwanto, H. (2023). Pemberdayaan Penciptaan Produk Ekonomi Kreatif Untuk Ketahanan Pangan Masyarakat Di Era Pandemi (Pembuatan Nugget Ikan Lele). Berdaya Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–6.

Tantular, S. N., & Kusumasari, I. R. (2022). Inovasi Produk Olahan Abon Lele Sebagai Alternatif Usaha Untuk Meningkatkan Nilai Jual Ikan Lele.

Tindaresa, I. N., & Faizin, M. (2022). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Inovasi Produk Pada Budidaya Ikan Lele Di Desa Mojomati Jetis Ponorogo. Prodimas: Prosiding Pengabdian Masyarakat, 1, 140–157.

Wicaksono, D. S. (2023). Pengembangan Produk Pemanfaatan 8 Limbah Hewan. Penerbit Nem.

Yuliana, S. P. (2023). Inovasi Olahan Produk Rinuak Kaya Gizi Khas Maninjau Kabupaten Agam. Deepublish.

Unduhan

Diterbitkan

11/12/2022

Cara Mengutip

Novaliza Isda, M., Alhady, M. A. D. ., Ivanka, N. ., Salsabillah, A., Azhari, A. ., Zelfira, A., Rahmi, Y. ., Ramadhani, N. ., Sabrina, L. ., Asyraf, M. ., & Prasetio, N. (2022). Pemanfaatan Budidaya Ikan Lele Sebagai Sumber Nutrisi Melalui Inovasi Produk Nugget Di RT 15/RW 07, Dusun 4 Desa Air Terbit. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 243–249. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i6.332

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama