Pelatihan Standar Operasional Dan Etika Profesi Teller Bagi Siswa Sekolah Menegah Kejuruan

Penulis

  • Samsuri Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Naila Davina Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Estia Dwi Andini Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i6.616

Kata Kunci:

Teller, Sekolah Menengah Kejuruan, Daya Saing

Abstrak

Tujuan pelatihan ini adalah membekali keterampilan siswa di bidang teller. Pelatihan dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Insan Mulia Tangerang dengan peserta 120 siswa. Pelatihan dilakukan dengan dua cara: visualisasi dan simulasi praktik. Dalam visualisasi SOP disampaikan administrasi SOP teller dan etika profesi, sedangkan praktik disimulasikan teller dalam menghadapi nasabah. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa siswa antusias dan merasa memiliki tambahan pengetahuan dalam mempersiapkan daya saing di dunia kerja. Dibutuhkan peningkatan sumber daya siswa SMK yang selaras dengan kurikulum untuk mempersiapkan SDM yang siap bekerja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, H., Iriantara, Y., & Hanafiah, H. (2022). Implementasi manajemen prakerin untuk meningkatkan keterserapan lulusan siswa smk pada industri dunia usaha kerja. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(1), 548–560.

Ardiansyah, D., & Basuki, B. (2023). Implementasi nilai-nilai kesalehan sosial di pondok pesantren dalam menghadapi era society 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 64–81.

Aryawan, F. N. (2023). Overcoming the challenges of vocational education in Indonesian SMK: Ideas on curriculum improvement, teaching quality, and English language teaching. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(3), 243–252.

Farid, A. (2023). Literasi digital sebagai jalan penguatan pendidikan karakter di era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597.

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran era disruptif menuju era society 5.0 (telaah perspektif pendidikan dasar). 1, 1–14.

Herlina, H. (2023). Manajemen Strategik Sekolah Menengah Kejuruan Islamic Centre Cirebon dalam Meningkatkan Daya Saing.

Maulina, M., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi link and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 28–37. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.48008

Mustofa, K., Ichwanto, M. A., Anwar, M. K., Weifen, D., Ani, A., & Putro, S. (2021). Internship For Profesional Career: Learning From Vocational High School 1 Kademangan Blitar East Java. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 141–154.

R, M. D., Arief, Z., Alfaien, N. I., & Rashit, R. B. M. (2022). Internalization of Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah’s General Lessons in Developing Students’ Morals. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 14(1), 17–32. https://doi.org/10.18326/mdr.v14i1.17-32

Rabbanie, M. D., Katni, K., & Fadil, K. (2022). Experience and expectation during e-learning of Islamic Religion Education: The students’ response. Utamax: Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 4(2), 122–134.

Rahmadhani, S., Ahyanuardi, A., & Suryati, L. (2022). Vocational High School Students’ Competency Needs to the World of Work. Mimbar Ilmu, 27(2), 349–355. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.42161

Saragih, H. R., Siregar, G. T., & Siregar, S. A. (2022). Penegakan Hukum Dalam Menanggulangi Tindak Pidana Ujaran Kebencian Di Media Sosial. Jurnal Retentum, 2(1), 34–43.

Sudarsono, S., Amin, S., & Rajab, A. (2021). Peranan Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak di Sekolah MA Muhammadiyah Pokobulo. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), 437–445. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1335

Suharjanto, J., & Munir, M. (2019). Pengelolaan Praktik Kerja Industri Berbasis Mutu di SMK Negeri 3 Wonosari. Elinvo (Electronics Informatics and Vocational Education), 4(1), 83–91. https://doi.org/10.21831/elinvo.v4i1.28257

Sutianah, C. (2021). Peningkatan kompetensi kerja berbasis integrasi soft skills, hard skills dan entrepreneur skills program keahlian kuliner melalui penerapan teaching factory smk. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 152–167.

Turistiati, A. T., & Ramadhan, H. F. A. (2019). Pelatihan Soft Skills Dan Pendampingan Siswa-Siswi SMK Di Kota Bogor Untuk Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Komunitas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31334/jks.v2i1.286

Umami, R., & Rahmaningtyas, W. (2022). Faktor pendukung kesiapan kerja: Study analisis kuantitatif. Measurement In Educational Research, 2(2), 92–92. https://doi.org/10.33292/meter.v2i2.208

Unduhan

Diterbitkan

11/29/2023

Cara Mengutip

Samsuri, Naila Davina, & Estia Dwi Andini. (2023). Pelatihan Standar Operasional Dan Etika Profesi Teller Bagi Siswa Sekolah Menegah Kejuruan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 279 – 285. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i6.616

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.