Workshop Strategi Efektif Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Perbankan Syariah
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i6.619Kata Kunci:
Tugas Akhir, Efektif, MahasiswaAbstrak
Banyak mahasiswa Perbankan Syariah menghadapi berbagai hambatan dalam penyelesaian tugas akhir, seperti kesulitan menentukan topik, menyusun tinjauan pustaka, memahami metodologi penelitian, serta menerapkan kaidah penulisan ilmiah yang benar. Kondisi ini berpotensi menghambat kelulusan tepat waktu dan menurunkan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, diselenggarakan Workshop Strategi Efektif Penyelesaian Tugas Akhir bagi mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah FAI UMT pada tanggal 5 Februari 2023 yang diikuti oleh 30 peserta. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan interaktif dan praktis melalui sesi ceramah, studi kasus, dan lokakarya yang mencakup delapan tema utama, antara lain penentuan topik dan rumusan masalah, penyusunan proposal, pendalaman metodologi penelitian, strategi pencarian dan pengelolaan referensi, teknik penulisan akademik, hingga penyusunan hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan. Di akhir kegiatan, peserta diberikan umpan balik untuk mengukur tingkat pemahaman dan kesiapan mereka dalam menyelesaikan tugas akhir. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 80% peserta menyatakan telah memahami struktur dan kaidah penulisan karya ilmiah serta merasa lebih siap untuk menuntaskan skripsi secara efektif dan tepat waktu. Dengan demikian, workshop ini terbukti berkontribusi positif dalam meningkatkan literasi akademik dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi proses penyelesaian tugas akhir.
Unduhan
Referensi
Anwar, M. K. (2020). Produktivitas dalam Perspektif Ekonomi Islam. BISEI: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 5(01), 1–14.
Anwar, Z., & Djudiyah, D. (2021). Pengembangan program psikoedukasi untuk mengelola stres, cemas, dan depresi pada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi. Cognicia, 9(1), 1–5.
Azizah, Y., & Ifdil, I. (2023). Hubungan self efficacy dengan resiliensi akademik mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Education and Social Sciences Review, 4(1), 41–48.
Ermiati, E., Widiasih, R., Suryati, Y., & Murtianingsih, M. (2021). Student experience in completing thesis and its implications for international students in Indonesia. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 9(T6), 45–51.
Lio, S., & Sembiring, K. (2019). Strategi coping mahasiswa tugas akhir Program Studi Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(1), 52–61.
M. Dahlan R., Noor Isna Alfaien, Alfina Ramadhan, & Inas Yasmina Salsabila. (2023). Pengalaman Bimbingan Tugas Akhir, Perspektif Mahasiswa. Iniersitas Pahlawan Tuanku Tambusai, 6(2), 483–489. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18233
Manusakerti, H., Safii, M., & Widyartono, D. (2022). Pengembangan Aplikasi Pengelola Referensi Skripsi Mahasiswa Universitas Negeri Malang berbasis Personal Information Management. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 33.
Nabila, S., & Ashshiddiqi, A. M. (2023). Hubungan antara efikasi diri dan resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Proyeksi, 18(1), 23–35.
Perdana, K. I., & Wijaya, H. E. (2021). Regulasi diri dalam belajar sebagai prediktor resiliensi akademik mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Psycho Idea, 19(2), 186–198.
Putera, Z. F., & Shofiah, N. (2023). Persepsi mahasiswa terhadap umpan balik dosen pembimbing pada penyusunan laporan skripsi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(2), 86–94.
Renaningtias, N., & Apriliani, D. (2021). Penerapan metode prototype pada pengembangan sistem informasi tugas akhir mahasiswa. Rekursif: Jurnal Informatika, 9(1), 54–61.
Rohim, A. (2023). Students’difficulties In Finishing A Thesis Of English Study Program At Muhammadiyah University Of Tangerang. Globish: An English-Indonesian Journal for English, Education, and Culture, 12(1), 49–63.
Sabrillah, J., Laily, N., & Sholichah, I. F. (2021). The Effect of Self Regulated Learning Strategy on Academic Resilience. 1(2), 323–330.
Sahronih, S., & Alip, S. (2023, January). Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di Era Society 5.0.
Tsabitah, R. A., & Hasan, N. (2022). Efikasi diri dan motivasi belajar dengan stres akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi. PSYCOMEDIA: Jurnal Psikologi, 2(1), 52–58.
Waluyo, B. D., Astrid, E., Mulyana, D., & Pakpahan, B. M. T. (2023). ChatGPT Untuk Mendukung Pencarian Topik Skripsi di Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Jurnal TIK Dalam Pendidikan, 10(1), 8–19.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 nurzansyah, Fathur Rahman, Estia Dwi Andini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



