Pengaruh Demonstrasi Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi
DOI:
https://doi.org/10.55266/mindjournal.v1i1.48Kata Kunci:
Metode Demonstrasi, Alat Peraga, Pemahaman konsep, Materi Bangun Ruang Sisi datar, MatematikaAbstrak
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep matematika siswa disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru belum sepenuhnya dapat menciptakan perhatian siswa, antusias siswa dalam mengikuti pelajaran masih rendah, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menjawab persoalan/permasalahan matematika terutama pada materi bangun ruang sisi datar yang menyebabkan kurangnya pemahaman terhadap konsep yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh demontrasi alat peraga terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 44 siswa, dua kelas ini akan digunakan sebagai sampel penelitian. Kelas kontrol sebanyak 22 siswa dan kelas eksperimen 22 siswa. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu sebelum pretest dan postest. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t.
Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan . Maka dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara demonstrasi alat peraga terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi.
Unduhan
Referensi
Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Slamento. 1991. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Suherman, Erman. 2000. et. al Common Text Book Strategi Pembelajaran
Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Tim Penyusun. 2012. Panduan Penulisan Skripsi. Padangsidimpuan: STAIN Padangsidimpuan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Habibah Rahmah Siregar, Yuni Rhamayanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.