Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa pada Materi Perkembangan Kehidupan Masa Pra Aksara di Kelas X SMA Negeri 1 Sosopan

Penulis

  • Melisa Putri Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Ali Padang Siregar Universitas Graha Nusantara
  • Insan Fahmi Siregar Universitas Graha Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.543

Kata Kunci:

Media Gambar, Hasil Belajar, Masa Pra Aksara, Pembelajaran Visual

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X pada materi perkembangan kehidupan masa pra aksara di SMA Negeri 1 Sosopan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Sampel penelitian sebanyak 31 siswa diambil secara acak dari total populasi 104 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan angket penggunaan media gambar, kemudian dianalisis menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berada pada kategori “baik” dengan rata-rata skor 2,77, sedangkan hasil belajar siswa juga menunjukkan kategori “sangat baik” dengan rata-rata nilai 80. Koefisien korelasi sebesar 0,455 dan t hitung sebesar 2,75 lebih besar dari t tabel 2,04, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media gambar terhadap hasil belajar sejarah siswa. Dengan demikian, media gambar terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi sejarah yang bersifat konseptual dan naratif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ainina, I. A. (2018). Utilization of Audio Visual Media as a Source History Learning. Indonesian Journal of History Education, 3(1), 25–32.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. In Pustaka Pelajar (Vol. 53).

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi), 1(1), 28–42.

Hakim, A. L., Anggraini, Y., Fitriani, R., & Haqiqi, A. K. (2019). Pengaruh penggunaan media gambar dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 3(2), 131–136.

Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.

Limin, S., & Kundiman, R. S. (2023). Peranan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Menunjang Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Musik. Psalmoz: A Journal of Creative and Study of Church Music, 4(1), 16–26.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sidharta, A. (2005). Media pembelajaran. In Bandung: Departemen Pendidikan.

Simbolon, E. P. M., Sari, I. M., Pratiwi, W. P., & Susilo, A. (2024). PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Danadyaksa Historica, 4(2), 36–42.

Unduhan

Diterbitkan

03-06-2025

Cara Mengutip

Harahap, M. P., Siregar, A. P., & Siregar, I. F. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa pada Materi Perkembangan Kehidupan Masa Pra Aksara di Kelas X SMA Negeri 1 Sosopan. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 5(2), 147–153. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i2.543

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.