Efektivitas Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui E-Learning Di Era Industri 4.0: Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole
DOI:
https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v5i1.435Kata Kunci:
Pembelajaran Interaktif, Pendidikan Kewarganegaraan, E-Learning, Industri 4.0Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran interaktif pendidikan kewarganegaraan melalui e-learning terhadap pemahaman dan keterlibatan siswa di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Dalam era Industri 4.0, penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi semakin penting untuk menciptakan proses belajar yang lebih efektif dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan dua kelas sebagai subjek penelitian: kelas eksperimen yang menggunakan e-learning berbasis media PowerPoint melalui aplikasi Canva, dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 87,5, dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 80. Sebanyak 24% siswa di kelas eksperimen memperoleh nilai 95, sementara 36,67% memperoleh nilai 85. Sebaliknya, kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 82,16, dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 80. Sebanyak 56,7% siswa di kelas kontrol memperoleh nilai 80. Data ini menunjukkan bahwa pembelajaran interaktif melalui e-learning memberikan dampak yang lebih signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.
Unduhan
Referensi
Alvinda, C. A. (2022). Analisis Penggunaan E-Learning Materi Makna dan Arti Kebangkitan Nasional Tahun 1908 pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII SMPN 3 Kota Mojokerto. Jurnal Konsepsi, 11(2), 282–303.
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1).
Azlina, N., Maharani, A., & Baedowi, M. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Instructional Technology, 2(02), 39–52.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2001). Designing for E-Learning. In Trends and Issues in Instructional Design and Technology (pp. 524–540). Routledge.
Gani, A. G. (2018). e-Learning Sebagai Peran Teknologi Informasi Dalam Modernisasi Pendidikan. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 3(1), 1–19.
Hasanah, M., Sartika, D., Hasugian, A., & Hasanah, A. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Interaktif: Peran Kreativitas Guru dalam Desain Lembar Kerja Peserta Didik. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(1 SE-), 27–32. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v4i1.434
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57–65.
Margono, S. (2005). Metodologi penelitian pendidikan. Rineka Cipta.
Mas’ud, N., Sartika, D., & Hasugian, A. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Arse. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 3(1 SE-), 28–36. https://doi.org/10.55266/jurnalmind.v3i1.430
Maulana, R., Yuliatin, Y., Basariah, B., & Al Qadri, B. (2023). Implementasi Pembelajaran PPKN Berbasis E-Learning di MAN 2 Model Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1601–1607.
Mayer, R. E. (2014). Introduction to multimedia learning.
Munir, M., Afifah, N., & Najib, M. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PKn untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 48–65.
Piaget, J. (1970). Science of education and the psychology of the child. Trans. D. Coltman.
Pudjiastuti, S. R., & Mukaddamah, I. (2023). Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Sila Ketiga dan Kesadaran Hidup Rukun. Jurnal Citizenship Virtues, 3(1), 415–424.
Sadoski, M., & Paivio, A. (2004). A dual coding theoretical model of reading. Theoretical Models and Processes of Reading, 5, 1329–1362.
Sari, P. (2015). Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning. Ummul Qura, 6(2), 20–35.
Setyoningsih, S. (2015). E Learning: Pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 3(1).
Sudijono, A. (2005). Pengantar statistik pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=XGEpnQAACAAJ
Vygotsky, L. S. (1994). Mind in Society Development of Higher Psychological Processes (Michael Cole (ed.)).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nursakinah Pasaribu, Dew Sartika, Aryani Hasugian, Helmi Suryana Siregar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.